Home Penyakit Uncategorized 12 TIPS AGAR IBU HAMIL BEBAS STRES

12 TIPS AGAR IBU HAMIL BEBAS STRES

12 Tips Agar Ibu Hamil Bebas Stres- Bila berbagai perasaan negatif seperti cemas , takut dan rasa tak menentu mengganggu anda pada masa hamil ,anda perlu tahu bagaimana cara mengatasinya . Kemampuan anda mengatasi stres saat hamil akan memberi dampak positif  bagi bayi yang akan dilahirkan . Bila anda termasuk calon ibu yang kurang bisa menikmati kehamilan anda. Bagaimana menghindari atau mengurangi stres pada ibu hamil ? anda mau tau? Berikut ulasan selangkapnya .

12 Tips Agar Ibu Hamil Bebas Stres

1. Curhat kepada suami

Berbagi rasa dengan teman-teman dekat, khususnya yang sudah mempunyai anak, bisa menjadi cara yang cukup ampuh dalam menghalau rasa yah tidak nyaman. Bisa juga anda curhat dengan anggota keluarga anda dan kerabat dekat. Semua saran dan nasihat bisa menambah ilmu bagi anda yang  bermanfaat. Walaupun begitu orang yang paling tepat meringankan beban anda adalah pasangan anda.

2. Jangan dengarkan yang seram-seram

Hindari orang –orang yang mempunyai pengalaman melahirkan yang mengerikan, seperti pedihnya sayatan episotomi ( perobekan bagian antara lubang vagina dan anus) atau luka sayatan operasi cesar.

3. Libatkan pasangan

Ajak suami anda untuk terlibat langsung  dalam berbagai persiapan menyambut kedatangan si kecil. Kompakan anda beserta suami sebagai suatu tim yang solid akan mempermudah proses persalinan anda kelak.

4. Berlatih relaksasi

Cobalah berlatih teknik-teknik relaksasi. Salah satunya adalah dengan menariknapas panjang secara perlahan –lahan dan dalam. Tahan sebentar, lalu hembuskan lagi. Jangan lupa , berusahalah untuk tetap rileks.

5. Rutin Berolahraga

Bila sebelum hamil anda sudah terbiasa dengan berolahraga, teruskan kebiasaan tersebut. Lakukan sesuai kondisi tubuh dan kehamilan anda.

6. Belajar ilmu merawat bayi

Mulailah belajar dan memperkaya wawasan anda seputar seluk beluk perawatan bayibaru lahir . informasi tersebut bisa dengan mudah didapatkan dari tabloid, TV, radio.

7. Siapkan Anggaran

Sejak dinyatakan positif hamil, sebaiknya anda mulaimerencanakan dan mengatur keuangan untuk biaya bersalin dan membeli keperluan lain dalam menyambut kedatangan si kecil.

8. Memilih tempat bersalin

Sejak trisemster ke-1, mulailah belanja informasi tentang rumah sakit bersalin. Misalnya dari teman ,kerabat, brosur, dan lan-lain. Dalam proses memilih-milih ini, selalu libatkan suami.

9. Berbelanja keperluan bayi

Persiapan yang satu ini memang sangat mengasikan . bahkan akan membuat anda berdua melupakan sejenak rasa khawatir maupun cemas. Jadi nikmatilah saat-saat berdua dengan suami.

10. Cari informasi tentang dokter anak

Setelah si kecil hadir, anda berdua akan dihadapkan dengan sederet masalah baru yang menantang. Bukan hanya tetek bengek seputar perawatan bayi, tapi juga masalah seputar kesehatan. Buah hati anda memang masih sangat rentan terhadap serangan berbagai jenis penyakit.

11. Penuhi Kulkas

Selama hari-hari pertama dan juga bulan-bulan pertama bersama si mungil , besar keungkinan anda tidak punya waktu dan kesempatan belanja keperluan sehari hari dengan leluasa.

12. Siapkan koper anda

Bukan untuk mudik, tetapi ke rumah sakit. Memasuki trisemester ke-3, anda sudah bisa mulai menyiapkan tas atau koper untuk dibawa ke rumah sakit.

Jadi nikmatilah kehamilan anda

Demikian ulasan artikel diatas, semoga bermanfaat bagi Anda. Makasih

12 TIPS AGAR IBU HAMIL BEBAS STRES
12 TIPS AGAR IBU HAMIL BEBAS STRES
Artikel "12 TIPS AGAR IBU HAMIL BEBAS STRES" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 12th July 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/12-tips-agar-ibu-hamil-bebas-stres.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.