Home Penyakit Uncategorized Alergi dan Intoleransi Makanan

Alergi dan Intoleransi Makanan

Pengertian Alergi dan Intoleransi Makanan

Ini adalah salah satu penyakit yang dikarenakan respon kekebalan penderita terganggu setelah mengkonsumsi makanan tertentu. Dan perlu diketahui bahwa intoleransi makanan ini bisa dikatakan bukan merupakan suatu alergi makanan, melainkan setiap efek yang tidak diinginkan akibat penderita mengkonsumsi makanan tertentu.

Penyebab Alergi dan Intoleransi Makanan

Dari pengertianya dapat diketahui bahwa yang menjadi penyebab utama dari penyakit ini adalah makanan yang dikonsumsi, hanya saja tidak sepenuhnya dimengerti karena alergi makanan juga bisa menimbulkan sejumlah gejala yang bervariasi. Yang paling tepat adalah penyakit ini dikarenakan gangguan pada sistem kekebalan tubuh penderita dalam hal melepaskan antibodi dan zat-zat sebagai respon terhadap masuknya makanan tertentu.

Gejala Alergi dan Intoleransi Makanan

Gejala yang dirasakan penderita awalnya terasa pada bagian lambung dan usus, namun jika terus dibiarkan maka tidak menutup kemungkinan untuk menyebar di berbagai bagian tubuh, dan gejala akan terasa biasanya setelah penderita mengkonsumsi makanan.

Diagnosa Alergi dan Intoleransi Makanan

Khusus untuk penyakit ini, penderita akan didiagnosa berdasarkan gejala-gejala yang dialami setelah penderita mengkonsumsi makanan tertentu. Dan salah satu metode yang dilakukan adalah pemeriksaan paru-paru penderita menggunakan stetoskop yang bertujuan untuk mendengar bunyi pernafasan mengi.

Pengobatan Alergi dan Intoleransi Makanan

Metode pengobatan untuk penyakit ini bervariasi dan tergantung kepada jenis dan beratnya gejala. Dan tujuan pengobatan adalah untuk mengurangi gejala yang dirasakan atau menghindari reaksi alergi di kemudian hari. Jika penyakit ini masih tergolong ringan, biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus, namun jika sudah termasuk berat maka memang harus dilakukan pengobatan khusus.

 

 

Alergi dan Intoleransi Makanan
Alergi dan Intoleransi Makanan
Artikel "Alergi dan Intoleransi Makanan" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 17th January 2013 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/alergi-dan-intoleransi-makanan.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.