Home Penyakit Kanker ANCAMAN KANKER ENDOMETRIUM

ANCAMAN KANKER ENDOMETRIUM

Ancaman Kanker Endometrium – apa itu kanker Endometrium?apa gejala yang timbul ?Bagaimana cara menanganinya?? Berikut ulasannya ;

Kanker Endometrium adalah kanker ginekologi (alat reproduksi ) tersering keempat pada wanita. Kanker ini berkaitan dengan pajanan hormon estrogen seumur hidup ,biasanya terjadi pada wanita  pasa monopouse.Angka kejadiannya meningkat pada wanita  yang gemuk ,belum pernah hamil ,wanita dengan siklus anovulasi ,monopouse lanjut  , dan menstruasi dini.

Awal teradinya kanker ENDOMETRIUMdidahului oleh proses prakanker., yaitu pembentukan jaringan berlebih yang atipik  dari ENDOMETRIUM.

Salah satu penyebab kanker Endometriumadalah terjadi mutasi pada gen  yang mengatur perbaikan pada sel, keadaan ini dikenal sebagai syndroma  Lynch II.

Kanker Endometrium jarang terjadi pada usia  dibawah 40 tahun .Resiko meningkat tajam pada usia 45 sampai usia pertengahan 60 tahun .Pada wanita berkulit putih insidennya dua kali lebih tinggi dari pada yang tidak berkulit putih.

Apakah kanker Endometrium  dapat dideteksi??..

YA,kanker ini dapat dideteksi ,terdapat penemuan  pada pemeriksaan fisik  dan radiologi yang berhubungan dengan kanker ini.Sekitar 90 persen pasien kanker Endometriumdatang dengan pendarahan vagina yang abnormal,rasa beat , dan nyeri panggul.

Bagaimana penangana Kanker Endometrium ??..

Terlebih dahulu dengan melihat apakah ada gejala pendarahan pasca menstruasi , haid dengan jumlah pendarahan  yang berlebih dan lebih  lama dari biasanya,serta terdapat pendarahan percak  diantara periode menstruasi .

Jangan lupa untuk memperhatikan faktor resiko seperti obesitas ,penyakit diabetes ,hipertensi serta terpapar estrogen seperti menarke dini (menstruasi pertama lebih cepat )  dan monopouse yang terlambat.

Pengambilan contoh jaringan Endometriumdapat dilakukan dengan dilatasi dan kuretase untuk membantu enegakkan diagnosis kanker Endometrium ,setelah didapatan contoh jaringan ,hasil dikirim  kebagian histopatologi untuk mengetahui tipe tumor , derajat diferensiasi, , ada tidaknya penyebaran  didalam serviks atau dibelakang badan rahim.

Penentuan stadium klinis juga diperlukan dan sebelum direncanakan operasi , akan dilakukan sejumlah  pemeriksaan laboratorium seperti hitung sel lengkap ,funsi hati, serum kreatinin, pemeriksaan urinalisis ,tes gula dara karena ada hubungan kanker ini dengan diabetes.

Sebaiknya penderita kanker kanker stadium 1-3 menjalani prosedure pembedahan standar histerektomi total dengan salpingooforektomi bilateral .

Bila kanker Endometriummencapai stadium lanjut, terapi yang diberikan  bersifat partialif, Kemoterapi jika penyebaran kanker sudah meluas dan menyerang ke organ tubuh lain seperti otak dan paru –paru.

Demikian ulasan artikel diatas ,semoga bermanfaat bagi pembaca.

ANCAMAN KANKER  ENDOMETRIUM
ANCAMAN KANKER ENDOMETRIUM
Artikel "ANCAMAN KANKER ENDOMETRIUM" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 27th June 2014 Categories Kanker, Uncategorized , , permalinks http://www.jamugodog.com/ancaman-kanker-endometrium.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.