Home Penyakit Uncategorized Anti-HBc (HbcAb)

Anti-HBc (HbcAb)

Anti-HBc (HbcAb)-Anti-HBc adalah core antibodi terhadap antigen core VHB (HBcAg).  Anti-HBc merupakan protein yang dihasilkan oleh sistem imun yang mengindasikan orang tersebut pernah atau sedang terinfeksi dengan virus hepatitis B. Petanda ini dapat ditemukan dalam darah beberapa saat setelah munculnya HBsAg, yaitu saat timbulnya tanda dan gejala klinis akibat terinfeksi VHB. Anti-HBc masih dapat dijumpai setelah HBsAg tidak terdeteksi lagi. Vaksinasi hepatitis B hanya membentuk anti-HBs, tidak menginduksi terbentuknya anti-HBc. Keadaan ini dapat digunakan untuk membedakan antara vaksinasi yang berhasil dengan terinfeksi oleh VHB.

Anti-HBc Ada Dua Kelas !!!

Ada 2 kelas anti-HBc yaitu:

1. IgM anti-HBc

Kadar IgM anti-HBc umumnya tinggi pada awal penyakit, kemudian menurun dan tidak terdeteksi lagi dalam beberapa minggu. Pada keadaan kronis, terutama pada hepatitis B kronik aktif, IgM anti-HBc ini dapat ditemukan dalam kadar rendah sampai sedang. Pada widow period, yaitu keadaan dimana HBsAg sudah menghilang tetapi anti-HBs belum terbentuk. IgM anti HBc (+) merupakan satu-satunya pemeriksaan laboratorium yang bernilai diagnostik. IgM anti-HBc (+) merupakan petunjuk adanya replikasi virus yang aktif atau stadium infeksi yang masih aktif. IgM anti-HBc menetap dengan titer rendah lebih dari 6 bulan berarti penyakitnya telah menjadi hepatitis B kronis. Menghilangnya IgM anti-HBc merupakan petunjuk adanya kesembuhan.

2. IgG anti-HBc

IgG anti-HBc merupakan petanda yang menunjukkan adanya kontak dengan VHB. Petanda ini ditemukan pada infeksi akut, infeksi kronis, dan pada orang yang pernah terinfeksi sebelumnya. Pemeriksaan IgG anti-HBc sangat penting terutama dalam menentukan angka infeksi pada studi epidmiologis dan sebelum melakukan vaksinasi hepatitis B.

Berikut adalah kemungkinan hasil pemeriksaan laboratorium dan artinya:

  1. IgG anti-HBc (+) dan HBsAg (-), berarti orang tersebut terinfeksi di masa lalu VHB.
  2. IgG anti-HBc (+) dan HBsAg (+), berarti orang tersebut terinfeksi di masa lalu oleh VHB.
  3. IgG anti-HBc (+) dan anti-HBs (+), berarti penderita telah sembuh dari penyakit hepatitis B.

Sekarang anda jauh lebih tau bukan?

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Anti-HBc (HbcAb)
Anti-HBc (HbcAb)
Artikel "Anti-HBc (HbcAb)" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 22nd September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/anti-hbc-hbcab.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.