Home Penyakit Uncategorized ATP (Adenosin Trifosfat) Dan Sumber Tenaga

ATP (Adenosin Trifosfat) Dan Sumber Tenaga

ATP (Adenosin Trifosfat) Dan Sumber Tenaga-Mengapakah mereka yang makan makanan vegetarian, atau dalam hal ini mempunyai kadar kaborhidrat tinggi mempunya tenaga yang lebih kuat? Hal yang perlu diketahui ialah bagaimana proses tenaga itu dihasilkan. Pengetahuan mengenai hal ini penting agar anda dapat memilih makanan yang akan memberikan energi yang lebih bagi tubuh.

ATP (Adenosin Trifosfat) Dan Sumber Tenaga

Para ahli menyatakan bahwa anda tidak dapat secara langsung menggunakan tenaga untuk kontraksi otot dengan jalan pemecahan makanan. Tenaga yang berasal dari pemecahan makanan digunakan untuk membentuk persenyewaan kimia adenosin trifosfat (ATP) yang ditimbun didalam otot. ATP ini juga tidak hanya digunakan untuk kontraksi otot, tetapi juga untuk proses-proses lain yang vital bagi kehidupan manusia, seperti sintesis protein, transpo aktif dari ion melewati selaput membran, untuk mengaktivasikan beberapa macam metabolisme dan lain-lain.

Faktor terpenting dalam menentukan banyaknya ATP adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sebab zat didalamnya akan diubah menjadi glukosa yang kemudian disimpan di hati dan otot dalam bentuk glikogen. Adanya kadar glikogen yang tinggi dalam otot sangat penting dalam pembentukan ATP yang kemudian akan menghasilkan tenaga. Dengan demikian, lebih banyak karbohidrat yang dimakan lebih banyak tenaga yang dapat dibentuk.

Perlu diketahui, ATP terletak didalam bagian kontraktil dari otot.  Umumnya persediaan ATP ini tidak banyak, kira-kira 4 milimol/kg berat otot, dan untuk orang yang beratnya 70kg, 30kg daripada berat tersebut merupakan otot, dan dalam otot tersebut tersimpan ATP sebanyak 120-180 milimol/kg otot. Jumlah tenaga yang dihasilkan oleh ATP untuk seluruh tubuh ialah 1,2 Kcal-1,8 Kcal. Oleh sebab ATP cepat habis, maka agar supaya kontraksi dapat berlangsung, ATP perlu segera dibentuk.

3 Sistem Penyimpanan Sumber Tenaga

Untuk itu ada tiga sistem penyimpanan yang dapat terjadi:

Sistem penyimpanan ATP

Sebab dalam tubuh terdapat simpanan ATP dan CP (Creatin Phosphate), maka dapat terjadi pemecahan PC (Phosphocreatine) yang mengubah menjadi ATP.

Sistem asam laktat

Apabila oksigen tidak mencukupi, maka penyediaan ATP masih dimungkinkan dengan cara pemecahan glikogen tanpa oksigen atau lazimnya dikenal sebagai glikolisis anaerobik. Proses ini lebih kompleks dibandingkan dengan sistem fosfagen.

Sistem Oksigen

Sistem oksigen ini adalah penyedia ATP utama untuk kegiatan yang melebihi 3 menit. Berbagai olahraga aerobik bergantung kepada sistem ini. Bila anda berolahraga melebihi kesanggupan dari ventilasi dan sistem sirkulasi untuk menyediakan oksigen kepada mitokondria dalam jumlah yang cukup, maka sel otot anda akan bergantungan juga kepada sistem laktat untuk menyediakan ATP.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat pagi pembaca. Terima kasih.

ATP (Adenosin Trifosfat) Dan Sumber Tenaga
ATP (Adenosin Trifosfat) Dan Sumber Tenaga
Artikel "ATP (Adenosin Trifosfat) Dan Sumber Tenaga" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 24th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/atp-adenosin-trifosfat-dan-sumber-tenaga.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.