Home Penyakit Uncategorized Barotrauma

Barotrauma

Pengertian Barotrauma

Ini adalah penyakit dimana penderita mengalami kondisi berupa gangguan pada daerah telinga yang terjadi dikarenakan perubahan tekanan udara pada bagian telinga luar atau telinga tengah penderita yang dipisahkan oleh gendang telinga.

Penyebab Barotrauma

Diketahui yang menjadi penyebab penyakit ini adalah karena penderita mengalami penyumbatan pada tuba eustakius. Dan jika tuba eustakius penderita mengalami penyumbatan maka udara tidak akan sampai ke telinga tengah penderita hingga kemudian menimbulkan tekanan. Masih ada penyebab lainya seperti karena perubahan ketinggian, seperti saat penderita sedang berada di dalam pesawat atau menyelam.

Gejala Barotrauma

Penderita penyakit ini akan merasakan gejala seperti nyeri yang terjadi pada salah satu atau kedua telinganya, dan gejala ini juga disertai dengan hilangnya pendengaran penderita. Penderita juga merasakan telinganya seperti penuh dan mengalami pusing. Jika penyakit ini terus dibiarkan maka keadaan akan semakin berat dan berlangsung lama, hingga ketulian bisa bertambah berat disertai pendarahan pada hidung.

Diagnosa Barotrauma

Sama halnya dengan penyakit lain, penyakit ini didiagnosis berdasarkan gejala-gejalanya. Dan khusus untuk penyakit ini, pemeriksaan yang dilakukan adalah pada telinga dengan bantuan otoskop, tujuanya adalah untuk melihat penggembungan atau retraksi  pada gendang telinga.

Cara Mengobati Barotrauma

Pengobatan penyakit ini dilakukan dengan melihat hasil diagnosis, dan pengobatan yang dilakukan adalah menyamakan tekanan di telinga tengah dan mengurangi rasa nyeri yang dirasakan penderita.

Cara sederhana dan alami yang bisa dilakukan seperti menguap, mengunyah permen karet, mengisap permen, dan menelan.

Barotrauma
Barotrauma
Artikel "Barotrauma" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 20th January 2013 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/barotrauma.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.