Home Penyakit Uncategorized Beberapa Gangguan Tidur Yang Sering Terjadi Pada Manusia

Beberapa Gangguan Tidur Yang Sering Terjadi Pada Manusia

Gangguan Tidur yang Sering Terjadi – Apa aja sih macam-macam gangguan tidur??apakah kita sering mengalaminya?? Nahh..kali ini saya akan mengulas macam-macam gangguan tidur.berikut adalah ulasannya.

Beberapa Gangguan Tidur Yang Sering Terjadi Pada Manusia

Insomnia

Merupakan jenis gangguan sulit tidur, sulit untuk mempertahankan tidur, sering terbangun saat tidur, atau bangun terlalu dini. Akibatnya, pada saat terjaga, orang insomnia seperti kehabisan tenaga. Hal ini bisa berlangsung sementara bisa juga kronis.

Sleep Apnea (SA)

SA merupakan gangguan bernapas saat tidur. Orang dengan SA tidak mendapat cukup oksigen pada waktu tidur karena ada periode tertentu saat orang tersebut berhenti bernapas. Biasanya orang tersebut terbangun mendadak, megap-megap , lalu tidur lagi.Siklus ini berulang tanpa disadari oleh yang bersangkutan. Gejalanya bangun dalam keadaan lelah, mengantuk sepanjang hari, bangun dengan sakit kepala, saat bangun ditengah hari terasa berkeringat dan merasa tercekik.

Ada tiga tipe SA yaitu, Obstructive sleep Apnea (OSA), central sleep Apnea (CSA), dan Mixed sleep Apnea (MSA).

Mendengkur

Disebabkan oleh terhalangnya sebagian aliran udara pada jalan pernapasan. Rintangan ini bisa disebabkan oleh pembengkakan jaringan , Kemacetan aliran udara, atau perubahan bentuk. Orang dengan leher pendek dan gemukĀ  rentan mendengkur. Kebiasaan merokok juga bisa mengiritasi rongga hidung dan tenggorokan sehingga menimbulkan pembengkakan. Hati-hati, jangan menyepelekan dengkuran yang hebat. Dengkuran yang keras, apabila bila anda kelebihan bobot , bisa menjadi petunjuk anda mengalami sleep apnea (SA).

Narkolepsi

Adalah keinginan yang tak tertahankan untuk tidur di siang hari walaupun cukp tidur malam. Biasanya dimulai pada saat usia remaja, awal 20-an, ejumlah kecil terjadi awal 30-an. Umumnya disebabkan oleh gangguan zat kimia otak atau kualitas tidur yang kurang baik.

Ada pula narkolepsi yang diturunkan secara genetis. Narkolepsi bisa didiagnosis lewat pemeriksaan MSLT. Biasanya diatasi dengan perubahan pola hidup atau digabungkan dengan batuan obat-obat tertentu.

Restless Leg Syndrom

Bila tanpa disadari kaki sering atau selalu bergoyang-goyang saat tidur, anda mengalami gangguan tidur jenis ini. Goyangan yang terjadi bisa kecil, bisa juga seperti menendang-nendang.Penyebabnya adalah aktivitas gelombang pendek pada otak. Bisa diatasi dengan bantuan ahli saraf.

Sleepwalking

Gangguan berjalan saat tidur yang tidak diingat atau disadari ini umumnya terjadi pada anak-anak pada usia 2-12 tahun, meski orang dewasa ada juga yang mengalami . Gangguan ini biasanya disebabkan oleh sindrom otak , reaksi terhadap obat, ada pula yang bersifat genetis.

Demikian ulasan artikel diatas,semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Beberapa Gangguan Tidur Yang Sering Terjadi Pada Manusia
Beberapa Gangguan Tidur Yang Sering Terjadi Pada Manusia
Artikel "Beberapa Gangguan Tidur Yang Sering Terjadi Pada Manusia" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 12th July 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/beberapa-gangguan-tidur-yang-sering-terjadi-pada-manusia.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.