Home Penyakit Uncategorized Caca dan Manfaat Latihan Isokinetik

Caca dan Manfaat Latihan Isokinetik

Caca dan Manfaat Latihan Isokinetik – Ini merupakan sebuah latihan yang melibatkan angkat besi dengan mempunyai pergerakan keseluruhan. Latihan isokinetik tidak hanya mengangkat benda yang berat tetapi juga menurunkannya kembali pada titik dimana anda mulai. Bermacam-macam alat isokinetik berguna untuk meningkatkan kekuatan maupun ketahanan oleh telah diproduksi. Penelitian yang dilakukan oleh Institut Aerobics di Dallas memberikan indikasi bahwa kegiatan latihan ini bila digunakan dengan semestinya dapat menguatkan otot seperti yang dilakukan dalm angkat besi, tetapi  juga dapat menghasilkan keuntungan dalam bentuk daya tahan latihan sama seperti mereka yang melakukan aerobik seperti berenang dan berlari jauh.

Caca dan Manfaat Latihan Isokinetik

Selama latihan isokinetik, kecepatan gerakan masih konstan pada seluruh gerakan. Sebuah mesin yang mengatur kecepatan dan memberikan tahanan yang disesuaikan. Latihan ini secara keseluruhan dan dengan cepat dapat memperbaiki strength otot dan sebagai pelengkap yang baik untuk bentuk latihan lainnya. Latihan isokinetik telah menjadi kebutuhan utama saat ini pada olahraga kompetisi. Hasil yang luar biasa dapat dicapai dengan alat training yang komputerisasi (seperti Cybex atau Acron), yang dapat memberikan tahanan yang disesuaikan dan kontrol terhadap kecepatan gerakan.

Para ilmuwan mendukung latihan ini dengan isotonik dan isokinetik, salah satu latihan yang populer adalah“Circuit Weight Training” dengan cara seperti berikut;

  1. Letakkan 10 stasion dalam gedung olahraga atau ruangan cukup besar untuk berolahrga.
  2. Setiap stasion dilakukan 30 detik, dengan menglangi 12-15 kali disusul dengan istirahat 30 detik pada setiap sesion.
  3. Latihan ini dilakukan minimal 4x seminggu.
  4. Latihan ini dilakukan dengna posisi berjongkok, menekan bahu, melipatkan tangan, menari kebawh, merentangkan kaki, latihan duduk bangun, latihan katrol, gerakan hipertensi, dan terbang vertikal.

Selain melakukan “Circuit Weight Training” ada juga modifikasi dari bentuk latihan ini yakni “Super Circuit.Perbedaan pada latihan ini yakni  istirahat 30 detik dihilangkan, dan orang yang melakukan latihan ini akan menggunakan waktu istirahat tersebut untuk lari di tempat selama 30 detik atau lari 75-150 meter mengelilingi gymnasium.

Untuk fisioterapi setelah injury atletik atau cidera olahraga, latihan isokinetik sangat cocok untuk fase transisi dari pencapaian kembali strength normal sampai mencapai strength penuh bagi atlet.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Caca dan Manfaat Latihan Isokinetik
Caca dan Manfaat Latihan Isokinetik
Artikel "Caca dan Manfaat Latihan Isokinetik" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 24th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/caca-dan-manfaat-latihan-isokinetik.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.