Home Penyakit Uncategorized CARA AMPUH MENCEGAH PENYAKIT HERNIA

CARA AMPUH MENCEGAH PENYAKIT HERNIA

CARA AMPUH MENCEGAH PENYAKIT HERNIA – Siapa yang tidak pernah mendengar tentang penyakit hernia? Atau mungkin Anda sendiri adalah salah seorang penderita penyakit yang sering disebut turun bero oleh masyarakat awam. Penyakit hernia artinya adalah penyakit yang terjadi karena organ tubuh yang keluar dari ruangan aslinya (biasanya adalah usus) dan berpindah ke ruangan organ tubuh yang lain melalui jaringan ikat tipis yang lemah pada dinding ruangan. Akan terlihat berupa benjolan pada daerah lipatan paha pada penderita. Selain lipatan paha, usus dapat berpindah ke bagian pusar, atau area diafragma.

Anak-anak maupun orang dewasa dapat terserang penyakit ini. Pada anak-anak penyebabnya adalah procesus vaginalis yang tidak menutup dengan sempurna bersamaan dengan turunnya testis atau buah zakar.

Sedangkan pada orang dewasa, penyakit hernia sering terjadi pada kulit panggul yang sering mengangkat beban-beban berat, pemain saksofon, atau orang yang sudah berusia lanjut. Pada orang dewasa penyakit hernia disebabkan adanya tekanan yang tinggi dan terus-menerus pada rongga perut atau melemahnya otot dinding perut dan jaringan penyangga usus yang bisa terjadi karena faktor usia. Tekanan pada rongga perut itu dapat terjadi karena memiliki masalah kesehatan konstipasi (susah buang air besar) sehingga seringkali mengejan, hampir sama dengan pemain saksofon, dan penderita batuk kronis.

Gejala-gejala Penyakit Hernia

Berikut ini adalah gejala penyakit hernia.

  1. Penderita penyakit hernia sering mengeluhkan rasa tidak nyaman hingga nyeri di daerah bawah perut dan pangkal atau lipatan paha.
  2. Akan timbul benjolan yang mengeras lalu kadang menghilang dan muncul kembali.
  3. Apabila batuk, bersin, mengejan, atau mengangkat beban yang berat, gejala nyeri dapat semakin parah.
  4. Pada penyakit hernia akut yang menimbulkan penyumbatan pada usus, dapat juga terjadi gejala mual dan muntah. Selain itu pertanda jika penyakit hernia semakin parah dapat dilihat dari semakin membesarnya benjolan dan semakin bertambahnya rasa sakit. Hal ini terjadi karena berkurangnya suplay darah ke bagian yang keluar akibat terjepit.

Penyakit hernia bisa menjadi berbahaya apabila terjadi infeksi karena dapat menjalar ke seluruh tubuh dan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Jika sudah seperti ini maka penanganan medis dengan pembedahan tidak dapat ditawar lagi. Saat ini satu-satunya tindakan medis yang efektif untuk menyembuhkan penyakit hernia adalah dengan operasi.

Tips mencegah Penyakit Hernia

Namun jangan cemas, Anda masih dapat mencegah terjadinya penyakit hernia dengan cara:

  1. Berolahragalah secara teratur sejak dini untuk memperkuat otot. Hal ini dapat mengantisipasi melemahnya otot akibat usia lanjut.
  2. Banyaklah makan buah dan sayur terutama yang mengandung serat agar Anda tidak mengalami konstipasi.
  3. Jangan menggunakan otot punggung untuk mengangkat beban berat. Gunakan kekuatan kaki untuk membantu mengangkat beban.
  4. Segeralah mengunjungi dokter jika mendapat masalah dalam buang air kecil, karena dapat memicu penyakit hernia.

Demikian artiel yang berjudul Cara Ampuh Mencegah Penyakit Hernia ini, semoga dapat bermanfaat. makasihh

CARA AMPUH MENCEGAH PENYAKIT HERNIA
CARA AMPUH MENCEGAH PENYAKIT HERNIA
Artikel "CARA AMPUH MENCEGAH PENYAKIT HERNIA" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 27th June 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/cara-ampuh-mencegah-penyakit-hernia.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.