Home Penyakit Uncategorized CARA BERHENTI MEROKOK YANG AMPUH DAN CEPAT

CARA BERHENTI MEROKOK YANG AMPUH DAN CEPAT

Tips Ampuh Cara Berhenti Merokok – Ada banyak alasan mengapa kamu harus berhenti merokok ; Salah satunya sudah jelas bahwa kebiasaan merokok akan berakibat buruk bagi kesehatan. Menurut data epidemiologi kanker paru dari Ikatan Dokter Paru Indonesia menunjukkan bahwa 3 dari seribu perokok berpotensi terkena kanker paru tiap tahun. Sementara yang tidak merokok menunjukkan hanya 6 dari seratus ribu yang berpotensi terkena kanker paru. Itu artinya bahwa jumlah perokok beresiko lebih besar terkena kanker paru-paru. Sebagian besar perokok sebenarnya telah menyadari bahaya yang ditimbulkan dari kebiasaan merokok. Namun karena kurang memiliki motivasi untuk berhenti, tidak tahu cara berhenti serta kecanduan akut yang menyebabkan kebiasaan merokok tetap terus dilakukan.

Sebenarnya dengan tidak merokok selama 30 menit saja manfaatnya akan langsung terasa bagi tubuh, ditandai dengan denyut nadi dan tekanan darah yang kembali normal.

Lalu setelah tiga hari, nikotin tidak terdeteksi lagi dalam darah, indra penciuman kembali normal, hingga pernafasan yang lebih lega.

Dalam waktu 2 hingga 12 minggu sirkulasi di berbagai bagian tubuh akan berangsur membaik, yang kemudian tubuh akan terasa lebih fit dan bugar. Dan setelah 2 tahun, tanda-tanda merokok akan hilang, paru-paru akan bersih dari zat-zat berbahaya yang ditinggalkan oleh rokok dan tubuh akan kembali sehatJika kamu memang niat untuk menghentikan kebiasaan merokok tapi belum juga berhasil, cobalah tips ampuh cara berhenti merokok berikut ini :

Tips Ampuh Cara Berhenti Merokok

  1. Mulailah dengan cara meredam keinginan setiap kali kamu ingin merokok. Hasrat yang kuat lamanya sekitar 2 hingga 3 menit, umumnya timbul beberapa jam setelah kamu menghabiskan rokok terakhir. Keinginan itu memang hanya sebentar, tapi detik-detik itu justru merupakan kunci untuk dapat berhenti merokok.

    Cobalah melakukan sesuatu hal atau kegiatan untuk menghilangkan keinginan merokok tersebut, misalnya dengan olah nafas, menarik napas panjang dari hidung kemudian menghembuskannya secara perlahan melalui mulut, ulangi beberapa kali. Atau jika kamu sedang duduk, kamu dapat berdiri dan berjalan-jalan sebentar, merentangkan tangan dan melakukan olahraga ringan. Kamu juga bisa meminum segelas air putih atau jus buah untuk meredam keinginan merokok.

  2. Makanan yang pedas dapat menahan keinginan merokok. Sebenarnya tidak ada jenis makanan yang dapat menghentikan kebiasaan merokok begitu saja. Namun untuk mengalihkan pikiranmu dari rokok, makanan pedas layak dicoba.
  3. Jika kamu memang niat untuk berhenti merokok, maka berhentilah total. Jangan mengurangi jumlah batangnya atau mengganti rokoknya dengan kadar nikotin yang lebih ringan, seperti rokok jenis mild misalnya. Percayalah, penggantian itu justru akan membuat kamu untuk menghisap rokok mild tadi lebih dalam lagi, dan tentu saja akan menyerap lebih banyak nikotin ke dalam paru-paru.
  4. Jangan memaksakan untuk berhenti merokok pada saat liburan, sebab akan membuat usahamu semakin berat dikala memulai lagi ke aktivitas rutin. Sebaiknya mulailah berhenti merokok pada hari kerja.
  5. Bagi wanita, sebelum mendapat haid sebaiknya jangan berhenti merokok dulu. Sebab jika kamu sering mengalami kram perut atau moody pada saat haid, keinginan untuk merokok justru menjadi semakin besar.
  6. Coba amati dan ingat-ingat hal apa yang membuat kamu enggan untuk merokok. Sebagai contoh, sebagian orang jadi enggan untuk merokok usai menggosok gigi. Ada sebagian orang lagi dengan berolahraga.
  7. Minta pasangan, teman, dan keluarga yang merokok untuk tidak merokok di sekitar kamu. Katakan, itu merupakan salah satu bentuk dukungan mereka agar kamu dapat berhenti merokok.
  8. Singkirkan semua hal yang dapat mengingatkan kamu tentang rokok.
    Misalnya asbak, korek api kesayangan, kotak rokok, bahkan melihat orang lain merokok. Karena kadang-kadang keinginan untuk merokok dapat saja muncul ketika kamu melihat hal-hal yang berhubungan dengan rokok.
  9. Hindari makanan dan minuman yang kamu rasakan dapat mengundang selera untuk merokok. Sebagai contoh, minum kopi. Karena sebagian besar perokok juga biasanya meminum kopi saat merokok.
  10. Jika kesembilan tips diatas belum juga berhasil untuk menghentikan kebiasaan merokokmu, mungkin kamu dapat mencoba untuk me-“reset” kembali pikiranmu tentang rokok. Memberikan sugesti pada pikiran bawah sadarmu mungkin dapat membantumu untuk meredam keinginan merokok.

Coba ingatkan dan terus katakan dengan sungguh-sungguh dalam hati “saya sudah berhenti merokok“. Hal ini akan membantumu untuk mengingat usahamu untuk berhenti merokok sekaligus memberikan sugesti pada pikiran bawah sadarmu bahwakamu tidak lagi merokok. ┬áBerikan sugesti setiap kamu baru bangun tidur, atau sesaat sebelum tertidur. Karena hanya pada saat itulah pikiran bawah sadarmu terbuka dan akan lebih mudah untuk diberikan sugesti.

Dan jika kamu telah berhasil menghentikan kebiasaan merokokmu dengan cara sugesti ini, sangat disarankan agar tidak lagi mencoba untuk kembali merokok. Not even for fun. Karena jika kamu kembali ketagihan rokok, maka akan lebih sulit untuk berhenti merokok dibanding dengan sebelumnya.

 Demikian ulasan artikel diatas,semoga bermanfaat.:)

CARA BERHENTI MEROKOK YANG AMPUH DAN CEPAT
CARA BERHENTI MEROKOK YANG AMPUH DAN CEPAT
Artikel "CARA BERHENTI MEROKOK YANG AMPUH DAN CEPAT" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 27th June 2014 Categories Uncategorized , , permalinks http://www.jamugodog.com/cara-berhenti-merokok-yang-ampuh-dan-cepat.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.