Home Penyakit Tetanus Cara mencegah tetanus

Cara mencegah tetanus

Pada dasarnya, mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Itulah sebabnya kali ini kita akan kupas mengenai cara pencegahan tetanus dengan langkah mudah. Seperti apa ya? Mau tahu lebih lanjut? Simak terus artikel berikut ini!

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit tetanus, antara lain:

  • Jika kalian ingin mencegah terjadinya tetanus pada anak-anak, maka cara terbaik adalah dengan memberikan vaksin tetanus kepada anak-anak tersebut. Hal ini merupakan bagian dari DPT yakni difteri, pertusis dan tetanus.
  • Sedangkan untuk pencegahan tetanus terhadap orang dewasa, maka cara terbaik adalah dengan memberikan booster. Namun yang perlu diingat adalah, kalian bisa menggunakan booster untuk orang dewasa jika telah terjadi hal-hal berikut ini:

ü Orang dewasa bisa menggunakan booster jika mereka sebelumnya sudah menerima booster dalam 5 tahun terakhir. Sehingga mereka tidak memerlukan vaksinasi.

ü Namun, jika seseorang tersebut belum pernah mendapatkan booster dalam waktu 5 tahun terakhir, maka mereka harus melakukan vaksinasi.

ü Atau jika mereka bahkan belum pernah sama sekali mendapatkan booster atau vaksinasinya tidak lengkap, maka mereka perlu diberikan vaksinasi dalam upaya pencegahan tetanus.

  • Jika kalian mendapati sebuah luka, maka usahakan untuk membersihkan luka tersebut hingga benar-benar bersih. Hal ini untuk mencegah agar bakteri C. tetani tidak berkembang.

Semoga bermanfaat!

 

 

 

Cara mencegah tetanus
Cara mencegah tetanus
Artikel "Cara mencegah tetanus" ditulis oleh admin update terakhir pada 24th October 2012 Categories Tetanus permalinks http://www.jamugodog.com/cara-mencegah-tetanus.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.