Home Penyakit Uncategorized cara mengatasi ketombe

cara mengatasi ketombe

Anda pasti sudah tahu bukan, tentang serpihan-serpihan putih yang biasanya jatuh dari rambut di kepala? Itulah yang biasa kita sebut ketombe. Ketombe seringkali membuat sebagian orang merasa malu, saat berada didepan orang yang dikenal ataupun tidak. Munculnya ketombe akibat ketidakteraturan kita dalam merawat kulit rambut kita. Berikut ada beberapa tips mengatasi ketombe:
1. Membersihkan rambut / keramas setiap hari

Cara yang paling mudah merawat rambut tanpa kita merasa terbebani ialah dengan membersihkan rambut / keramas setiap hari. Dengan itu kita selalu membuang minyak dan serpihan dari kulit kepala kita
2. Ganti shampo

Jangan asal memakai shampo, seperti seadanya aja di kamar mandi. Beberapa manusia memang memiliki masalah kulit rambut yang berbeda. Jadi anda harus teliti dalam memahami masalah kulit kepala anda dan segera mencari shampo yang tepat untuk anda sendiri.

Membilas dua kali

Keramas yang pertama ditujukan untuk membersihkan timbunan minyak dan serpihan-serpihan di rambut dan kulit kepala anda, serta memberi tempat agar keramas kedua bisa  memberikan manfaat lebih besar. Biarkan keramas yang kedua selama 5 menit sebelum dibilas, sehingga zat aktif shampoo dapat menembus sel-sel kulit dan beraksi.

Hindari Menggaruk-garuk kulit kepala

Mungkin ini adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh kita, namun ternyata kebiasaan itu berdampak sangat buruk, apa itu? yakni menggaruk-garuk kulit kepala.Dengan garukan dari kuku anda maka kulit kepala anda  terluka. Namun bila kulit kepala sudah terluka, beralihlah shampoo yang lembut, seperti shampo bayi untuk sementara waktu.

Keramas / mandi untuk menghilangkan keringat

Sehabis bekerja berat atau berolahraga, mandi dan keramaslah dengan segera. Keringat yang dikeluarkan oleh tubuh anda dapat mengganggu kulit kepala dan mempercepat  proses pelepasan sel-sel kulit kepala.

Kurangi penggunaan pengatur rambut
Anda harus berhenti / setidaknya mengurangi menggunakan pengatur rambut, seperti mousse, hair spray dan gel. Mengapa? Karena produk-produk seperti  itu dapat membantu menumpuknya minyak di kulit kepala.

 

Stres mempercepat proses pelepasan sel-sel kulit kepala sehingga kulit kepala kita menjadi cepat hilang / botak

Kurangi stresMereka yang senantiasa berada di bawah tekanan berat ternyata memiliki ketombe yang lebih banyak. Stres yang dialami seseorang ternyata memiliki pengaruh terhadap  proses pelepasan sel-sel kulit kepala. Jadi,berusahalah untuk hidup dengan nyaman tanpa stres.
Bila anda merasa kurang, maka anda boleh untuk berkonsultasi ke dokter mengenai cara mengatasi ketombe.

cara mengatasi ketombe
cara mengatasi ketombe
Artikel "cara mengatasi ketombe" ditulis oleh admin update terakhir pada 19th February 2013 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/cara-mengatasi-ketombe.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.