Home Penyakit Hipopituitarisme Cara Mengobati Hipopituitarisme

Cara Mengobati Hipopituitarisme

Pengertian

Hipopituitarisme merupakan jenis kelainan yang cukup berbahaya. Yang dimaksudkan dengan Hipopituitarisme adalah hilangnya sebagian atau seluruh fungsi lobus anterior kelenjar hipofisa.

 Penyebab

Beberapa penyebab Hipopituitarisme adalah Tumor hipofisa,  Berkurangnya aliran darah ke hipofisa, Infeksi dan peradangan, sarkoidosis atau amiloidosis, penyinara pengangkatan kelenjar hipofisa melalui pembedahan, penyakit autoimun, tumor hipotalamus, peradangan, cedera kepala,  dan kerusakan pada hipofisa, pembuluh darah maupun sarafnya akibat pembedahan.

Gejala

Gejala- gejala pada Hipopituitarisme bervariasi tergantung kepada jenis hormon apa yang kurang. Gejala-gejalanya biasanya timbul secara bertahap dan tidak disadari selama beberapa waktu, tetapi kadang terjadi secara mendadak dan dramatis. Bisa terjadi kekurangan hormon hipofisa anterior. Kekurangan prolaktin yang terisolasi merupakan keadaan yang jarang terjadi, tetapi bisa menjelaskan mengapa beberapa wanita tidak dapat menghasilkan air susu setelah melahirkan. Sindroma Sheehan merupakan suatu komplikasi yang jarang terjadi, dimana terjadi kerusakan sebagian kelenjar hipofisa. Gejalanya berupa lelah, rontoknya rambut kemaluan dan rambut ketiak serta ketidakmampuan menghasilkan air susu.

Diagnosa

Mendiagosa kelainan Hipopituitarisme atau untuk mengetahui kelainan struktural pada hipofisa dilakukan pemeriksaan CT scan atau MRI. Pemeriksaan darah juga bisa dilakukan untuk mengetahui kadar hormon-hormon berikut:

Pengobatan

Pengobatan Hipopituitarisme berfungsi menggantikan kekurangan hormon target, bukan hormon hipofisa. Jika terjadi kekurangan TSH maka diberikan hormon tiroid pada penderita.

Cara Mengobati Hipopituitarisme
Cara Mengobati Hipopituitarisme
Artikel "Cara Mengobati Hipopituitarisme" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 9th December 2012 Categories Hipopituitarisme permalinks http://www.jamugodog.com/cara-mengobati-hipopituitarisme.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.