Home Penyakit Uncategorized Cara Mengobati Penyakit Meniere

Cara Mengobati Penyakit Meniere

Pengertian

Yang dimaksudkan dengan penyakit Meniere adalah suatu penyakit yang ditandai oleh serangan berulang vertigo, tuli dan, tinnitus.

Penyebab

Hingga saat ini, penyebab pasti terjadinya penyakit Meniere belum dapat diketahui secara pasti. Namun pada kenyataanya, Meniere bisa disebabkan oleh serangan vertigo yang berulang kali.

Gejala

Gejala-gejala yang timbul sebelum penderita mengalami Meniere adalah serangan vertigo, mual dan muntah mendadak, yang berlangsung selama tiga jam hingga dua hari lamanya dan kemudian menghilang secara perlahan. Gejala lain yang muncul secara periodik adalah penderita merasakan telinganya penuh atau merasakan adanya tekanan di dalam telinga. Pendengaran di telinga yang terkena berfluktuasi (kadang jelas, kadang kurang) tetapi semakin lama semakin memburuk. Tinnitus bisa menetap atau hilang-timbul dan semakin memburuk sebelum, setelah maupun selama serangan vertigo.

Diagnosa

Mendiagnosa penderita Meniere harus dilakukan berdasarkan gejala-gejalanya. Adapun cara pemeriksaan yang dilakukan unruk membedakan penyakit meniere dari penyebab vertigo lainnya seperti CT scan atau MRI kepala, Stimulasi kalorik,Elektroensefalografi, Elektronistagmografi, dan Audiometri.

Cara Mengobati

Penyakit Meniere bisa diminimalisir dengan memberikan scopolamin, antihistamin, barbiturat atau diazepam. Adapun tindakan-tindakan pembedahan untuk  mengurangi resiko vertigo yang diantaranya adalah neurektomi vestibuler atau pemotongn saraf yang menuju ke kanalis semisirkularis (bagian dari telinga tengah yang mengatur keseimbangan). Jika vertigo sangat mengganggu dan terjadi gangguan pendengaran yang berat, maka perlu dilakukan labirintektomi.

Cara Mengobati Penyakit Meniere
Cara Mengobati Penyakit Meniere
Artikel "Cara Mengobati Penyakit Meniere" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 15th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/cara-mengobati-penyakit-meniere.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.