Home Penyakit Uncategorized Cara Mengobati Perforasi Septum

Cara Mengobati Perforasi Septum

Pengertian

Yang dimaksudkan dengan perforasi septum adalah suatu keadaan dimana pada septum yang menjadi sekat antara lubang hidung kanan dan kiri ditemukan ulkus atau lubang-lubang dan luka terbuka.

Penyebab

Penyebab terjadinya perforasi septum sangat bervariasi. Ada beberapa penyebab yang sering ditemukan pada penderita perforasi septum seperti pembedahan hidung, cedera berulang misalnya kejadian yang disebabkan oleh kebiasaan mengoorek dan membersihkan hidung menggunakan tangan, infeksi penyakit  tuberculosis dan sifilis, dan pemakaian narkoba seperti kokain yang dihirup melalui hidung.

Gejala

Gejala yang timbul sebelum penderita mengalami forasi septum adalah keadaan penderita yang bisa mengeluarkan bunyi seperti siulan dari hidungnya ketika bernafas. Sedangkan gejala-ejala yang lain adalah berupa pembentukan keropeng di sekeliling lubang hidung dan perdarahan hidung yang terjadi berulang kali pada penderita.

Diagnosa

Untuk mendiagnosa para penderita perforasi septum maka para dokter atau ahli kesehatan lain harus menegakan diagnose tersebut berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik atau check up body pada penderita.

Cara Mengobati

Pada umumnya perforasi septum tidak perlu dioati secara khusus. Untuk mengurangi pembentukan keropeng maka bisa digunakan salep basitrasin. Lubang-lubang yang terbentuk bisa ditutup dengan jaringan penderita sendiri yang diambil dari pipi atau bagian hidung lainnya atau dengan selaput buatan yang terbuat dari bahan lembut plastik.

Cara Mengobati Perforasi Septum
Cara Mengobati Perforasi Septum
Artikel "Cara Mengobati Perforasi Septum" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 15th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/cara-mengobati-perforasi-septum.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.