Home Penyakit Uncategorized Cara Mengobati Perikarditis akut

Cara Mengobati Perikarditis akut

Pengertian Perikarditis akut

Yang dimaksudkan dengan Acute Pericarditis atau Perikarditis Akut  adalah suatu jebnis peradangan pada perikardium  atau kantung selaput jantung, yang terjadi tiba-tiba dan sering menyebabkan nyeri. Peradangan ini akan menyebabkan cairan dan produk darah atau fibrin, sel darah merah dan sel darah putih memenuhi rongga pericardium atau selaput jantung tersebut.

Penyebab Perikarditis akut

Infeksi virus dan kanker adalah penyebab utama Perikarditis Akut. Beberapa hal lain yang menjadi penyebab Perikarditis Akut  adalah AIDS, serangan jantung, pembedahan jantung, lupus, eritematosus sistemik, penyakit rematik, cedera, terapi penyinaran, kebocoran darah dari suatu aneurisma aorta, dan kegagalan ginjal. Selain penyebab diatas, perikarditis akut juga merupakan akibat dari efek samping obat.

Gejala Perikarditis akut

 Gejala  Perikarditis Akut biasanya adalah nyeri dada, yang menjalar ke bahu kiri dan ke lengan kiri. Nyerinya menyerupai serangan jantung, tetapi pada perikarditis akut nyeri ini cenderung bertambah buruk jika berbaring, batuk atau bernafas. Perikarditis dapat menyebabkan tamponade jantung.

Diagnosa Perikarditis akut

Mendiagnosa Perikarditis Akut  biasanya didasari oleh gejala dan hasil pemeriksaan fisik dengan stetoskop. Foto rontgen dada dan ekokardiografi dapat memperlihatkan banyaknya cairan di dalam perikardium. Ekokardiografi juga dapat menunjukkan penyebabnya. Tekanan yang tinggi merupakan tanda kemungkinan terjadinya tamponade jantung.

Cara Mengobati Perikarditis akut

 Pada umumnya penderita dirawat di Rumah Sakit lalu diberikan obat untuk mengurangi yaitu Aspirin atau ibuprofen. Selanjutnya penderita harus tetap diawasi kemungkinan terjadinya komplikasi terutama tamponade jantung dan infeksi pada selaput jantung.

 

 

Cara Mengobati Perikarditis akut
Cara Mengobati Perikarditis akut
Artikel "Cara Mengobati Perikarditis akut" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 8th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/cara-mengobati-perikarditis-akut.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.