Home Penyakit Uncategorized Cara Mengobati Sindroma Empty Sella

Cara Mengobati Sindroma Empty Sella

Pengertian

Sindroma Empty Sella adalah kelainan pada kelenjar hipofisa yang tidak terbaca dalam proses scanning.kelainan Kelenjar hipofisa sebagian dikelilingi oleh struktur bertulang yang disebut sella tursika. Jika kelenjar hipofisa tidak terlihat pada pemeriksaan CT scan atau MRI dari sella tursika, maka keadaan ini disebut Sindroma Empty Sella.

Penyebab

Sindroma empty sella primer terjadi disebabkan oleh kelainan anatomis yang kecil diatas kelenjar hipofisa yang menyebabkan bertambahnya tekanan di dalam sella tursika sehingga kelenjar hipofisa merapat di sepanjang dinding sella. Seringkali ditemukan secara tidak sengaja pada pemeriksaan radiologis otak. Fungsi hipofisa biasanya normal dan tidak terdapat gejala. Jika penyebabnya adalah penyusutan kelenjar hipofisa akibat trauma (misalnya pembedahan, cedera kepala, terapi penyinaran), maka keadaan ini disebut sindroma empty sella sekunder.

 Gejala

Penderita menunjukkan tanda dan gejala akibat hilangnya sebagian atau seluruh fungsi kelenjar hipofisa Beberapa gejala sindroma empty sella primer dan sekunder adalah peningkatan kadar hormon prolaktin, Menstruasi yang tidak teratur atau tidak terjadi menstruasi, Libido (nafsu birahi) yang rendah, Impotensia, letih, lesu, tidak tahan terhadap cuaca dingin, nafsu makan berkurang, penurunan berat badan, nyeri perut, tekanan darah rendah, sakit kepala, gangguan penglihatan, jika sindroma ini terjadi pada masa pertumbuhan, maka tinggi badan biasanya pendek, rambut ketiak atau rambut kemaluan mengalami kerontokan

 Diagnosa

Diagnosa dilakukan dengan cara Rontgen atau CT scan/MRI tulang tengkorak menunjukkan adanya pembesaran sella tursika dan tidak adanya gambaran kelenjar hipofisa.

 Pengobatan

Pengobatan tergantung pada gejala dan penyebabnya

Cara Mengobati Sindroma Empty Sella
Cara Mengobati Sindroma Empty Sella
Artikel "Cara Mengobati Sindroma Empty Sella" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 9th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/cara-mengobati-sindroma-empty-sella.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.