Home Penyakit DISFAGIA KARENA KELAINAN TENGGOROKAN DISFAGIA KARENA KELAINAN TENGGOROKAN

DISFAGIA KARENA KELAINAN TENGGOROKAN

APA ITU DISFAGIA KARENA KELAINAN TENGGOROKAN DAN PENYEBABNYA

Disfagia adalah kesulitan menelan bila sedang makan atau minum karena adanya kelainan pada tenggorokan bagian kedalam kerongkongan.

Penderita disfagia (kesulitan menelan)

biasanya terdapat kelainan pada otot kerangka (volunter) serta kelainan pada fungsi syaraf otot tersebut.

Penderita Polio, distrofi otot, kelumpuhan pseudobulbar, dermatomiositis, penyakit parkinson (kelainan otak), kelainan sumsum tulang belakang, serta orang yang mengkonsumsi obat antipsikosa adalah salah beberapa penyebab yang membuat seseorang menjadi susah menelan.

Bila salah satu dari kelainan tersebut menyebabkan kesulitan menelan, penderita sering memuntahkan kembali makanannya melalui hidung atau menghirupnya ke dalam trakea (pipa udara) dan akan terbatuk.

Pada inkoordinasi krikofaringeal, katup kerongkongan sebelah atas (otot krikofaringeal) tetap menutup atau membuka dengan cara yang tidak terkoordinasi.
Katup yang berfungsi abnormal ini memungkinkan makanan berulang-ulang masuk ke trakea dan paru-paru, yang menyebabkan penyakit paru-paru menahun.
Ahli bedah dapat mengoreksi keadaan ini dengan memotong katup sehingga selalu dalam keadaan relaksasi.
Bila tidak diobati, keadaan ini bisa menyebabkan terbentuknya divertikulum, suatu kantung yang terbentuk jika lapisan kerongkongan terdorong keluar dan ke belakang melakui otot krikofaringeal.

 

DISFAGIA KARENA KELAINAN TENGGOROKAN
DISFAGIA KARENA KELAINAN TENGGOROKAN
Artikel "DISFAGIA KARENA KELAINAN TENGGOROKAN" ditulis oleh admin update terakhir pada 3rd April 2012 Categories DISFAGIA KARENA KELAINAN TENGGOROKAN permalinks http://www.jamugodog.com/disfagia-karena-kelainan-tenggorokan.html di

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.