Home Penyakit Uncategorized DISLEKSIA (GANGGUAN MEMBACA)

DISLEKSIA (GANGGUAN MEMBACA)

Pengertian Gangguan Membaca

Gangguan membaca atau biasa disebut dengan disleksia adalah gangguan membaca yang meliputi kesulitan memisahkan kata-kata tunggal dari kelompok kata dan bagian dari kata dalam kata itu sendiri. Gangguan membaca lebih teridentifikasi pada anak laki-laki dibandingkan dengan anak perempuan.

Penyebab Gangguan Membaca

Gangguan membaca atau disleksia berawal dan terjadi ketika otak terasa sulit menciptakan hubungan antara suara dan huruf-huruf pada sebuah bacaan. Kesulitan ini disebabkan oleh pemahaman otak yang masih minim mengenai tulisan tersebut. Masalah tersebut sudah ada sejak lahir

Gejala Gangguan Membaca

Pada anak-anak usia belum sekolah dengan disleksia bisa jadi terlambat bicara, memiliki masalah artikulasi berbicara, dan mempunyai kesulitan mengingat nama-nama huruf, angka, dan warna. Anak disleksia sering kesulitan memadukan suara, irama kata, mengenali letak suara pada kata, segmenting kata-kata ke dalam bunyi, dan mengenali bunyi huruf pada kata. menamai angka dan gambar adalah indikasi awal disleksia.

Pengobatan Gangguan Membaca

Pengobatan yang disarankan terhadap penderita gangguan membaca adalah sebagai berikut:

  • Pendekatan multisensori.
  • Pengobatan dengan bunyi-bunyian dan isyarat yang bervariasi
  • Pengajaran
  • Mengenalkan kata juga sangat membantu
  • Meningkatkan pelafalan kata
  • Pengertian membaca
  • Anak-anak diajarkan bagaimana memproses suara-suara
  •  Menggabungkan suara-suara ke dalam bentuk kata-kata, dengan memisahkan kata-kata ke dalam bagian-bagian, dan dengan mengenali letak suara pada kata.

DISLEKSIA (GANGGUAN MEMBACA)
DISLEKSIA (GANGGUAN MEMBACA)
Artikel "DISLEKSIA (GANGGUAN MEMBACA)" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 26th December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/disleksia-gangguan-membaca.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.