Home Penyakit Uncategorized Dismenore

Dismenore

Pengertian Dismenore

Dismenore adalah rasa nyeri di perut yang disebabkan kram pada rahim dan terjadi pada masa menstruasi. Jika tidak ditemukan penyebab yg mendasarinya maka di sebut dismenore primer, dan jika itu di sababkan adanya kelainan kandungan maka itu disebut dismenore sekunder.

Penyebab Dismenore

Penyebab Dismenore sekunder adalah Endometriosis, peradangan tuba falopii, adenomiosis, fibroid, terjadinya perlengketan abnormal antora organ di dalam perut dan pemakaian IUD.

Gejala Dismenore

Penderitanya akan merasakan nyeri pada perut bawah kemudian menjalar ke punggung bagian bawah dan tungkai. Nyeri yang dirasakan seperti kram yang hilang dan timbul atau seperti nyeri tumpul yg terus menerus ada. Nyeri akan dirasakan sesaat sebelum atau selama menstruasi  dan biasanya berlangsung selama 2 hari dan akan mencapai puncaknya dalam waku 24 jam pertama. Gejala ini biasanya juga disertai  dengan sakit kepala, mual, sembelit atau diare,sering berkemih dan tak jarang pula disertai muntah.

Diagnosis pada Dismenore

Diagnosa yg di lakukan untuk Dismenore dengan melakukan pemeriksaan fisik dan riwayat lengkap si pasien, Pengujian laboratorium, USG panggul dan vagina untuk mengetahui adanya kelainan yang mendasari , seperti fibroid. Dan apabila di perlukan  dapat dilakukan operasi  laparoskopi.

Pengobatan Dismenora

Pengobatan secara medis pada penderita dismenora adalah dengan pemberian obat anti peradangan non-steroid untuk mengurangi rasa nyeri. Selain pengobatan secara medis, dapat juga di berikan ramuan herbal yang terbuat dari tanaman  berkhasiat sebagai terapi non medis yang sehat dan tanpa efek samping.

Dismenore
Dismenore
Artikel "Dismenore" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 17th January 2013 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/dismenore-3.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.