Home Penyakit Uncategorized Efusi Pleura

Efusi Pleura

Pengertian Efusi Pleura

Ini adalah penyakit dimana penderitanya mengalami kondisi berupa pengumpulan cairan yang terjadi di dalam rongga pleura. Pengertian dari Rongga pleura adalah rongga yang terletak diantara selaput yang melapisi paru-paru dan rongga dada. Dan dalam keadaan normal, harusnya terdapat selapis cairan tipis yang memisahkan kedua lapisan pleura dalam tubuh. Masih ada jenis cairan lainnya yang bisa terkumpul di dalam rongga pleura seperti darah, nanah, cairan seperti susu atau cairan yang mengandung kolesterol tinggi.

Penyebab Efusi Pleura

Secara medis, diyakini yang menjadi penyebab terjadinya penyakit ini adalah karena pecahnya pembuluh darah yang kemudian mengalirkan darah ke dalam rongga pleura, atau bisa juga dikarenakan kebocoran daerah yang menonjol di dalam aorta yang kemudian mengalirkan darahnya ke dalam rongga pleura, atau bisa juga disebabkan oleh gangguan pembekuan darah.

Gejala Efusi Pleura

Penderita penyakit ini akan merasakan gejala umum seperti sesak nafas dan nyeri dada. Masih ada gejala lain yang dirasakan seperti batuk, cegukan, pernafasan yang cepat dan nyeri perut.

Pengobatan Efusi Pleura

Sama halnya dengan penyakit lain, penderita penyakit ini juga diobati dengan melihat hasil diagnosis atau diartikan bahwa pengobatan dilakukan berdasarkan penyebabnya. Dan jika jumlah airannnya banyak, serta penderita mengalami sesak nafas, maka perlu dilakukan tindakan drainase pada penderita.

 

 

Efusi Pleura
Efusi Pleura
Artikel "Efusi Pleura" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 17th January 2013 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/efusi-pleura.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.