Home Penyakit Eksim (Dermatitis Atopik) Eksim Kulit

Eksim Kulit

Pengertian Eksim Kulit

Penyakit ini memang secara khusus terjadi pada bagian kulit penderita, oleh karena itu nama penyakit ini juga dikenal dengan eksim kulit. Atau secar khusus dapat diartikan bahwa penyakit eksim kulit merupakan kelainan kulit hingga dapat menyebabkan peradangan atau iritasi pada kulit. Peradangan atau iritasi yang terjadi ini juga bisa berlokasi di bagian tubuh tertentu atau keseluruhan tubuh, tapi yang paling sering terjadi adalah pada bagian kaki dan tangan. Jika yang mengalami penyakit eksim kulit ini adalah bayi, maka biasanya kulitnya yang terkena adalah di bagian pipi, atau biasa juga kita kenal dengan nama penyakit alergi karena air susu ibu.

Gejala Eksim Kulit

Yang paling umum menjadi gejala penyakit kulit adalah gatal-gatal, dan jika gejala ini terus dibirkan maka dapat berakibat menjadi semakin kronis, terlebih lagi jika yang menjadi penderitanya adalah anak-anak. Jika gejala ini sudah semakin kronis, tentunya akan membuat penderitanya semakin tersiksa akibat rasa gatal-gatal yang dialaminya. Jika gatal-gatal pada kulit tersebut juga terus digaruk maka bisa membuat kulit penderita menjadi semakin tebal hingga menjadi luka dan menimbulkan infeksi atau alergi pada kulit.
Selain itu, gejala lain yang dapat menyertai seorang penderita penyakit eksim kulit adalah kemerahan pada kulit yang juga terasa kering, jika terus dibiarkan akan semaki tebal dan berubah menjadi keropeng. Jika penderitanya adalah anak-anak, penyakit ini biasanya dialami pada saat usia penderita berkisar diantara kurang dari dua tahun. Memang penyakit ini juga bisa sembuh dengan sendirinya namun jika sudah kronis juga bisa bertahan hingga seumur hidup.
Secara khusus maka dapat disebutkan bahwa gejala yang dialami penderita penyakit eksim kulit adalah sebagai berikut :

  1. Kulit terasa panas atau dingin secara berlebihan.
  2. Rasa panas ini juga disertai dengan gatal-gatal yang terutama akan dirasakan pada malam hari.

Perawatan Eksim Kulit.

Perawatan untuk penyakit ini diketahui dalam ilmu kesehatan adalah tergantung kepada penyebabnya, misalnya :

  1. Jika yang menjadi penyebabnya adalah alergi maka perawatannya tergantung kepada bahan pakaian yang digunakan seperti halnya juga sarung tangan. Sebaiknya bahan-bahan tersebut terbuat dari bahan katun.
  2. Penderita harus menghindari segala zat kimia atau menggunakan sabun keras yang dapat menjadi resiko timbulnya penyakit ini.
  3. Penderita harus memeriksakan diri apakah juga mengidap penyakit gula, karena penyakit gula juga bisa membuat penyakit

    ini semakin kronis.

Pengobatan Eksim Kulit

Setelah berbicara mengenai perawatan yang dapat dilakukan oleh penderita penyakit eksim kulit, maka hal penting berikutnya yang harus diketahui adalah mengenai tindakan pengobatan, dimana untuk mengobati penyakit eksim kulit ini dapat ditempuh secara medis ataupun herbal.
Untuk secara medis penderita biasanya akan diberikan berbagai obat yang memiliki fungsi untuk menghilangkan gatal-gatal atau ruam akibat penyakit ini, obat-obatan itu mengandung zat anti alaergi atau bakteri.
Sedangkan obat herbal adalah jenis pengobatan penyakit eksim yang didapatkan dari racikan berbagai tanaman alami yang berkhasiat dan diyakini mengandung zat pengobat sama halnya dengan obat medis untuk mengobati penyakit ini. Tapi setiap pengobatan tentunya harus dipikirkan juga mengenai takaranya, dimana jikaa takaran ini tidak diperhatikan dapat menimbulkan efek samping yang justru akan memperburuk keadaan penyakit penderita.

Eksim Kulit
Eksim Kulit
Artikel "Eksim Kulit" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 11th April 2013 Categories Eksim (Dermatitis Atopik) permalinks http://www.jamugodog.com/eksim-kulit-dan-penangananya.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.