Home Penyakit Exim atau Eksim Eksim

Eksim

Ini adalah salah satu jenis penyakit kulit yang terjadinya bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantara beberapa faktor yang menjadi penyebab penyakit ini adalah karena kulit yang kering atau basah. Selain itu penyakit ini juga bisa terjadi karena kulit penderita yang terpapar oleh zat kimia tertentu atau paparan sinar matahari yang berlebih. Dan dalam ilmu kesehatan, penyakit eksim ini dapat terbagi menjadi dua jenis, diantaranya adalah eksim kering (neurodermatitis, jika diartikan ini adalah salah satu jenis penyakit eksim dimana terjadi penebalam kulit yang disertai relief yang nyata. Sedangkan penyakit eksim yang kedua adalah eksim basah, pengertian dari penyakit eksim ini adalah yang ditandai dengan timbulnya bercak berisisik di kulit tubuh penderita yang berbentuk bulat dan berbatas tegas. Selain itu, gejala dari eksim ini adalah bintil-bintil berair dan terasa sangat

gatal. Lokasi paling sering terjadinya eksim ini adalah pada bagian punggung dan dada.

Perlu diketahui bahwa penyakit eksim ini memang dapat disembuhkan, hanya saja terkadang penyakit ini juga bisa kambuh kembali jika tidak diobati secara tuntas. Berbicara mengenai pengobatanya, penyakit ini dapat diobati dengan cara medis ataupun tradisional. Jika pengobatan ini menggunakan daun maka daun tersebut juga harus dibersihkan terlebih dahulu, atau bisa juga dipadupadankan dengan pengobatan yang lain.
Pada dasarnya, hal utama yang dilakukan dalam pengobatan penyakit ini adalah bertujuan untuk menghilangkan rasa gatal, dan jenis obat yang diberikan bisa dalam bentuk lotion atau krim pelembab yang juga bertujuan untuk melembabkan kulit. Lotion ini bisa dipakai sehabis mandi. Pengobatan lainya adalah dengan mengkompres air hangat atau dingin untuk menghilangkan rasa gatal tersebut. Sedangkan jenis obat yang kandungan zatnya dirasa cukup ampuh adalah yang mengandung kortikosteroid berbentuk salep atau krim.
Satu hal lagi yang tidak boleh terlupa adalah pengobatan untuk penyakit kulit pada dasarnya juga dipengaruhi oleh kesadaran seseorang untuk menjaga kebersihan kulitnya, tindakan ini juga bisa dijadikan sebagai pencegahan. Oleh karena itu jika hal ini tidak disadari sepenuhnya, maka tidak menutup kemungkinan penyakit ini dapat kambuh kembali.

Eksim
Eksim
Artikel "Eksim" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 8th April 2013 Categories Exim atau Eksim permalinks http://www.jamugodog.com/eksim.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.