Home Penyakit Uncategorized Elektrokardiografi (EKG)

Elektrokardiografi (EKG)

Pengertian Elektrokardiografi (EKG)

Ini adalah pemeriksaan yang dikhususkan untuk melihat kondisi jantung dan merupakan salah satu metode pemeriksaan yang paling sering dilakukan terhadap jantung. Dalam metode pemeriksaan ini, perlu juga diketahui bahwa yang digunakan adalah membuat grafik berdasarkan arus listrik yang terjadi dari denyut jantung. Arus ini kemudian menyebar dari jantung ke segala arah dan ketika sudah mencapai kulit maka dapat diukur dengan electrode. Elektrode ini juga perlu diketahui akan dihubungkan kea lat penguat dan kertas grafik perekam yang nantinya akan mencetak hasil perekaman.

Alasan Elektrokardiografi (EKG)

Ada beberapa hal yang mendasari pentingnya dilakukan pemeriksaan ini, yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Membantu dalam hal mendiagnosis denyut jantung dan kerusakan jantung serta letak terjadinya serangan jantung.
  2. Memeriksa penyembuhan setelah terjadinya serangan jantung dan untuk mengevaluasi efektifitas obat yang pernah digunakan untuk masalah atau penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Proses Elektrokardiografi (EKG)

Dalam pemeriksaan ini ada beberapa hal yang harus diketahui penderita dan sehubungan dengan pemeriksaan ini, yaitu sebagai berikut :

  1. Penderita akan disuruh berbaring dan akan dipasang elektroda pada dadanya, atau pergelangan kaki dan pergelangan tangan.
  2. Team medis akan menghubungkan kabel timah setelah semua elektroda terpasang dan kemudian dilanjutkan dengan memasang pita karet untuk menahan elektroda yang dipasang tidak terlalu erat.
  3. Team medis akan menekan tombol start untuk membuat mesin merekam dan mencetak hasil pemeriksaan
  4. Jika mesin telah selesai merekam, maka team medis akan melepas semua elektorda yang terpasang.

Elektrokardiografi (EKG)
Elektrokardiografi (EKG)
Artikel "Elektrokardiografi (EKG)" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 22nd December 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/elektrokardiografi-ekg.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.