Home Penyakit Uncategorized Emboli Paru

Emboli Paru

Pengertian Emboli Paru

Ini adalah penyakit dimana penderitanya mengalami penyempitan pada daerah arterinya dikarenakan ada gumpalan darah, yang terjadinya secara tiba-tiba. Padahal dalam keadaan normal, harusnya arteri yang tidak tersumbat bertugas untuk menyuplai darah dalam jumlah yang cukup ke dalam jaringan paru-paru. Jika penyakit ini sudah akut, dimana yang mengalami penyumbatan adalah pembuluh darah yang besar atau juga penderita memiliki kelainan paru-paru sebelumnya, maka hal itu sangat beresiko untuk menyebabkan kematian paru-paru.

Penyebab Emboli Paru

Seperti yang diketahui dari pengertianya bahwa penyebab utama penyakit ini adalah karena adanya pembekuan darah yang berasal dari vena, khususnya adalah vena pada daerah tungkai atau panggul. Selain itu masih ada penyebab lain seperti terdapatnya gelembung udara, lemak, cairan ketuban atau gumpalan parasit maupun sel dalam tubuh penderita.

Gejala Emboli Paru

Penderita penyakit ini akan merasakan

gejala utama berupa sesak napas. Selain masih ada gejala lain yang dapat dirasakan seperti batuk, nyeri dada, yang akan semakin memburuk jika penderita menarik nafas dalam-dalam, atau juga mengalami pernafasan cepat, denyut jantung yang cepat, suara wheezing atau bengek,  kulit penderita lembab dan berwarna kebiruan, mengalami nyeri pada daerah pinggul, nyeri pada tungkai, pembengkakan pada tungkai, tekanan darah penderita menjadi rendah, denyut nadi melemah, pusing, pingsan, berkeringat dan cemas.

Diagnosa Emboli Paru

Sama halnya dengan penyakit lain, diagnosis terhadap penyakit ini dilakukan berdasarkan gejala dan faktor pendukungnya melalui pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan fisik tersebut diantara lain adalah pemeriksaan fungsi paru-paru, pemeriksaan gas darah dalam arteri, serta pemeriksaan denyut nadi.

Pengobatan Emboli Paru

Secara medis, metode pengobatan yang umumnya dilakukan untuk penyakit ini adalah pemberian oksigen dan obat pereda nyeri.

 

 

Emboli Paru
Emboli Paru
Artikel "Emboli Paru" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 18th January 2013 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/emboli-paruu.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.