Home Penyakit Uncategorized Episkleritis

Episkleritis

Pengertian Episkleritis

Ini adalah penyakit dimana penderitanya mengalami kondisi berupa peradangan yang terjadi pada bagian episklera. Episklera dapat diartikan sebagai pembungkus sclera yang terdiri dari jaringan tipis dan mengandung pembuluh darah penyuplai makanan pada sclera. Episklera juga terbungkus lagi oleh konjungtiva. Sedangkan pengertian dari sclera adalah bagian pada mata yang terdiri dari serat-serat jaringan ikat yang membentuk dinding putih mata.

Penyebab Episkleritis

Hingga sekarang belum diketahui secara pasti mengenai penyebab penyakit ini. Tapi diduga ada beberapa penyakit yang berhubungan dengan resiko terjadinya penyakit ini, diantaranya adalah penyakit artritis rematoid, sindroma sj?gren, penyakit sifilis, herpes zoster, dan tuberkulosis.

Gejala Episkleritis

Penderita penyakit ini akan merasakan gejala nyeri pada mata, terlalu peka terahadap cahaya atau dalam ilmu kesehatan dikenal dengan nama fotofobia, penderita merasakan nyeri pada

matanya bila ditekan, dan mata penderita selalu berair.

Diagnosa Episkleritis

Sama halnya dengan penyakit lain, penyakit ini didiagnosis untuk mengetahui penyebab dan gejalanya, secara khusus pemeriksaan ini dilakukan pada daerah mata.

Pengobatan Episkleritis

Tujuan dari pengobatan yang dilakukan terhadap penderita adalah untuk mempercepat penyembuhan. Dan untuk melakukan pengobatan ini, penderita diberikan obat berupa tetes mata yang mengandung corticosteroid kepada para penderita episkleritis. Jika penyakit ini memang masih termasuk dalam stadium ringan, maka kemungkinan besar akan cepat untuk disembuhkan.

 

 

Episkleritis
Episkleritis
Artikel "Episkleritis" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 18th January 2013 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/episkleritis.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.