Home Penyakit Exim atau Eksim Exim Kulit

Exim Kulit

Pengertian Exim Kulit

Penyakit ini adalah yang terjadi pada kulit dan karena itu disebut sebagai exim kulit. Adapun penyakit ini terjadi atau biasa menghinggapi penderitanya tanpa mengenal usia dan jenis kelamin. Dalam ilmu kesehatan nama penyakit ini diistilahkan sebagai penyakit dermatitis atopik atau penyakit yang paling sering menyerang kulit penderitanya.

Penyebaran Penyakit Exim

Proses penyebaran penyakit ini terjadi dalam berbagai cara, dan gejala yang ditimbulkan juga dapat terjadi secara bermacam-macam, ada yang masih dalam taraf ringan dan adapula hingga sampai menyebabkan kulit penderitanya menjadi kering dan kemerahan. Dalam taraf ini maka penyakit bisa dikatakan sudah termasuk berat, bahkan bisa sampai menimbulkan pembengkakan dan mengeluarkan nanah. Melihat proses penyebaran dan gejala yang ditimbuikan membuat banyak orang yang menganggap penyakit eksim ini terlihat jorok dan adalah penyakit infeksi yang dapat menular secara cepat. Padahal jika ditelaah lagi secara ilmu kesehatan, diketahui bahwa tidak semua pendapat ini benar.

Exim dan Gejala Klinis

Seperti yang sudah diketahui bahwa pengertian dari penyakit ini adalah jenis penyakit peradangan yang terjadi di kulit dan bisa bersifat kronis, seperti rasa gatal yang dialami oleh penderitanya, dan penyakit ini juga biasa timbul ketika penderitanya masih anak-anak atau belum berusia lebih dari lima tahun. Jika sudah mengalami penyakit ini maka penderita akan mengalami gejala yang diantara lain adalah rasa gatal hebat, kulit penderita yang bersisik dan bisa juga meradang. Jika penyakit ini tidak segera diobati maka bisa juga kambuh kembali.

Cara Penularan dan Penyebab Penyakit Exim

Dari penjelasan di atas diketahui bahwa penyakit exim ini tidak termasuk dalam penyakit yang menular, tapi yang menjadi penyebabnya secara spesifik adalah diturunkan atau faktor keluarga juga turut mempengaruhi. Selain itu penyebab lain hingga seseorang mengidap penyakit ini adalah karena kulit yang kering, penderita teritasi oleh sabun atau detergen atau bisa juga diakibatkan oleh alergi dan intoleransi penderita terhadap jenis makanan tertentu.

Pencegahan Penyakit Exim

Telah diketahui bahwa salah satu hal yang menjadi penyebab penyakit ini adalah karena faktor keturunan, tapi bukan berarti penyakit ini tidak bisa dicegah, dalam artian diyakini bahwa selama penyakit ini tidak ada pencetusnya maka kemungkinan besar penyakit eksim tidak akan terjadi. Atau contoh kongkritnya adalah jika penderita sudah mengalami gejala berupa kulitnya yang gatal dan memerah maka sebaiknya

langsung diketahui apa yang kira-kira menjadi penyebabnya. Misalnya jika hal ini disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi, maka sebaiknya penderita harus segera menghindari makanan tersebut. Tujuanya supaya penyakit ini tidak terus terjadi dalam waktu yang berkepanjangan.

Komplikasi Penyakit Exim

Meski kita dapat menyimpulkan bahwa penyakit ini disebabkan oleh infeksi tapi diketahui juga bahwa penyakit exim tidak secara langsung disebabkan oleh infeksi, meskipun perlu juga diingat bahwa kulit yang mengalami penyakit exim ini akan lebih rentan terhadap infeksi sekunder. Jika sudah terkena infeksi, penderita juga akan didiagnosis untuk dipertimbangkan mengenai tingkat keparahan penyakit yang sedang dialaminya. Apabila tingkat penyakit ini sudah sampai pada gejala exim yang berkerak, basah dan berair atau kemerahan dan pecah-pecah serta mengeluarkan nanah, maka diketahui bahwa yang biasa menjadi penyebabnya adalah bakteri jenis staphylococcus aureus.
Tapi selain itu juga patut dicurigai bahwa jenis bakteri yang menjadi penyebab penyakit ini adalah virus herpes simpleks yang biasa juga ditandai dengan bintik-bintik kecil yang berkelompok secara tiba-tiba.

Exim Kulit
Exim Kulit
Artikel "Exim Kulit" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 12th April 2013 Categories Exim atau Eksim permalinks http://www.jamugodog.com/exim-kulit.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.