Home Penyakit Eksim (Dermatitis Atopik) EXIM

EXIM

Penjelasan Exim

Jika hanya dilihat secara sepintas, penyakit ini sering disamakan dengan penyakit jamur. Tapi jika ingin menelaahnya secara ilmu kesehatan, ternyata penyakit ini memiliki perbedaan, dan hanya dokter yang ahli dapat membedakan apakah seseorang sedang mengidap penyakit exim atau penyakit jamur.
Sedangkan untuk orang awam terkadang sulit untuk mengetahui perbedaan dari dua jenis penyakit ini karena pengobatan yang dilakukan juga tidak menunjukkan gambaran yang jelas. Atau penelitian juga membuktikan bahwa penyakit ini sulit untuk disembuhkan akibat kebiasaan masyarakat dalam menggunakan obat jenis salep atau cream dengan cara yang salah, sehingga memperburuk keadaan penyakit atau menambah kondisi penderita menjadi lebih parah.
Karena itu perlu ditegaskan bahwa untuk mengobati penyakit ini juga membutuhkan petunjuk dokter supaya tidak ada kesalahan dalam pengobatan dan tidak berkembang menjadi penyakit yang lebih kronis. Penyakit ini juga belum bisa dikatakan sembuh jika belum terbukti dalam ilmu kesehatan.

Perbedaan Exim dan Jamur Kulit

Untuk mengetahui perbedaanya secara mendasar diketahui bahwa jika seseorang dikatakan terkena penyakit exim maka hal ini dapat dilihat dari corak pertanda yang ada pada kulitnya, meskipun pandangan orang awam terkadang masih samar untuk melihat perbedaan ini. Perbedaan ini juga menjadi rancu karena penyakit jamur kulitpun memiliki corak yang tidak begitu beragam, batas kelainan kulitnya tegas dan terlihat menyerupai gambar peta bumi. Karena itu juga seorang penderita penyakit ini sering disangka memililki kedua penyakit kulit ini secara sekaligus atau sedang mengidap penyakit exim yang ditumpangi oleh penyakit jamur kulit.

Mengenal Penyakit Exim

Dalam ilmu kesehatan penyakit ini juga dikenal dengan nama penyakit Dermatitis, atau dapat diartikan sebagai penyakit kelainan kulit dimana penderitanya mengalami iritasi dan bisa terus meradang. Penyakit ini memang lebih sering menyerang kulit penderitanya dan daerah tubuh yang paling sering terkena adalah tangan dan kaki. Jenis penyakit Exim yang paling sering terjadi adalah dermatitis atopik dan exim atopik dan jika sudah menghinggapi seseorang maka akan muncul dari berbagai macam bentuk dari mulai penyakit exim yang paling ringan hingga berat. Jika penyakit ini masih termasuk ringan, maka pertanda yang ditunjukkan masih sebatas kulit yang kering dan kemerahan, tapi jika penyakit ini sudah tergolong berat maka gejala dapat berlanjut pada pembengkakan dan sampai mengeluarkan nanah.
Beberapa gejala yang disebutkan di atas biasanya muncul pada saat penderita menginjak usia kanak-kanak atau diusia sekitar di atas dua tahun. Tapi perlu juga diketahui bahwa penyakit ini bisa saja terkena pada penderita disegala umur dan tak mengenal jenis kelamin. Jika penyakit ini memang masih tergolong ringan maka penderitanya bisa saja sembuh dengan sendirinya, namun jika sudah terjadi secara kronis maka bisa menahun dan penderita yang masih anak-anak bisa mengalami penyakit ini hingga masuk usia dewasa.

Gejala Exim

Gejala utama yang dirasakan penderita penyakit ini adalah rasa gatal yang tak tertahankan, jika terus dibiarkan maka penderita akan mengalami pertumbuhan sisik pada kulitnya dan bisa sampai meradang. Jika tidak segera diobati penyakit ini juga mudah untuk kambuh kembali. Gejala yang disebutkan tadi biasanya akan terasa pada daerah bagian tubuh penderita yang terkena, dan khusus untuk rasa gatal juga dapat timbul sebelum diawali dengan kemerahan pada kulit. Jika gejala kemerahan sudah muncul, maka biasanya terjadi pada bagian tangan, wajah, lutut, kaki dan bagian tubuh penderita lainya.
Sebagai penambahan, biasanya bagian tubuh yang sudah terkena penyakit exim ini akan mengalami penebalan, kering, hingga akhirnya menjadi keropeng. Dan jika penderitanya adalah orang yang berkulit putih, daerah yang terkena exim ini akan memerah hingga kemudian berubah menjadi coklat. Tapi jika penderitanya adalah orang yang berkulit gelap, maka gejala yang terlihat pada kulitnya akan tampak lebih terang atau lebih gelap.

Pengobatan Exim

Tujuan dari pengobatan penyakit ini adalah untuk menghilangkan gejala rasa gatal, sehingga infeksi selanjutnya juga bisa dihindari. Dan untuk gejala kulit penderita yang terasa kering dan gatal, maka penderita akan dianjurkan untuk menggunakan krim pelembab atau obat dalam bentuk lotion. Tujuan dari penggunaan obat pelembab ini adalah supaya kulit penderita menjadi lembab. Sedangkan untuk mengurangi inflamasi atau peradangan, biasanya penderita akan diberikan obat salep atau krim yang mengandung hydrokortison atau yang mengandung kortikosteroid.
Tapi jika penyakit exim yang dialami penderita ini sudah termasuk parah atau kronis, maka untuk pengobatanya sangat memerlukan petunjuk dokter. Dokter biasanya akan memberikan penderita tablet kortikosteroid, dan untuk bagian tubuh yang sudah terinfeksi oleh penyakit exim ini diobati dengan memberikan penderita obat antibiotika, tujuanya adalah untuk membunuh bakteri. Masih ada jenis obat exim lainya yang dikenal dalam ilmu kesehatan, seperti misalnya antihistamin yang diberikan untuk mengurangi rasa gatal yang hebat atau juga jenis obat cyclosporin.

EXIM
EXIM
Artikel "EXIM" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 12th April 2013 Categories Eksim (Dermatitis Atopik) permalinks http://www.jamugodog.com/exim.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.