Home Penyakit Uncategorized Faktor Penentu V02 Max

Faktor Penentu V02 Max

Faktor Penentu V02 Max – Apakah V02 Max itu? V diartikan sebagai Volume, 02 berarti Oksigen, Max berarti Maximum, dengan demikian V02 Max berarti Volume Oksigen yang dapat tubuh gunakan secara keras.

Faktor Penentu V02 Max

Berikut ini adalah faktor penentu V02 Max:

Jenis Kelamin

Umumnya wanita setelah masa purbetas dalam usianya yang sama dengan pria umumnya mempunyai konsumsi oksigen maksimal yang lebih rendah dari pria.

Usia

Setelah memasuki usia 30 tahun V02 Max menurun dengan perlahan-lahan. Dan setelah menginjak usia 60 tahun, V02 lebih kurang dari 27% dari usia 30 tahun. Namun hal ini berbeda antara orang yang satu dengan yang lain sebab bagi mereka yang rajin berolahraga penurunan V02 Max akan menurun lebih perlahan.

Keturunan

Setiap orang bisa saja berbeda dalam mengkonsumsi oksigen lebih tinggi, dan mempunyai suplai pembuluh darah kapiler yang lebih baik. Menurut pakar kesehatan menjelaskan bahwa konsumsi oksigen maksimumĀ  untuk mereka yang kembar identik sama.

Komposisi Tubuh

Tubuh orang yang memiliki kadar lemak dengan persentase tinggi , mempunyai konsumsi oksigen maksimum yang lebih rendah. Jika anda memiliki tubuh yang baik dan tidak ada timbunan lemak dipastikan V02 Max anda lebih tinggi daripada mereka yang berlemak. Sebab itu jika anda dapat mengurangi timbunan lemak dalam tubuh, konsumsi oksigen maksimal dapat bertambah tanpa dilakukan latihan.

Olahraga

Dengan latihan daya tahan tubuh yang sistematis anda dapat memperbaiki konsumsi oksigen maksimal dari 5% menjadi 25%. Hal ini dapat terjadi jika anda melakukanya dengan serius dan jangan pernah memiliki anggapan bahwa anda sudah terlalu tua untuk memperbaiki diri. Survey dilapangan menunjukan bahwa laki-laki usi 65-74 tahun dapat meningkatkan V02 Maximumnya sekitar 18% setelah berolahraga dengan teratur dalam waktu 6-8 bulan.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Faktor Penentu V02 Max
Faktor Penentu V02 Max
Artikel "Faktor Penentu V02 Max" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 23rd September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/faktor-penentu-v02-max.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.