Home Penyakit Uncategorized Faktor Penentu Zat Pembakar

Faktor Penentu Zat Pembakar

Faktor Penentu Zat Pembakar Melihat dalam pembentukan Adensin Trifosfat (ATP), dua kemungkinan zat pembakar yang digunakan, yaitu karbohidrat atau lemak. Perlu diketahui faktor yang menentukan penggunaan zat pembakar untuk produksi ATP ini dilakukan oleh mitokondria. Ada tiga faktor yang menentukan penggunaan zat pembakar tersebut yaitu intensitas dan lamanya olahraga.

Faktor Penentu Zat Pembakar

Berikut ini adalah penjelasan faktor-faktor berikut:

Intensitas dan lamanya olahraga

Sementara intensitas olahraga bertambah, dan lama olahraga yang menurun (misalnya sewaktu lari cepat) maka sumber zat pembakar yang umumnya dipilih ialah karbohidrat. Ini digunakan dalam olahraga anaerobik (tanpa oksigen) dan kemudian bilamana dipaksa sumber oksigen dari sistem laktat. Karbohidrat adalah satu-satunya zat bakar yang digunakan secara anaerobik. Sementara intesitas menurun dan lamanya olahraga bertambah, maka lemak mulai menjadi sumber zat pembakar yang dipilih. Namun karbohidrat tetap digunakan, teristimewa pada permulaan olahraga tersebut.

Status kesegaran jasmani

Dalam setiap beban pekerjaan yang diberikan, akan ada penambahan penggunaan lemak oleh mitakondria untuk menghasilkan ATP, dan menyimpan simpanan karbohidrat yang terbatas, dan mengurangi kadar laktat. Ini kelihatanya terjadi oleh sebab bertambahnya kapilerisasi dari otot dan bertambahnya ukuran mitokondria. Penggunaan lemak simpanan yang lebih banyak ini (yang jumlahnya relatif banyak) menyanggupkan atlet untuk bertahan lebih lama sebelum glikogen dalam otot habis.

Makanan sebelumnya

Pada beberapa dekade terakhir telah ditemukan bahwa dengan konsumsi karbohidrat yang tinggi, mitokondria akan menggunakan karbohidrat yang lebih banyak dalam memproduksi ATP. Dengan makanan yang berkadar lemak tinggi, mitokondria akan menggunakan lebih banyak lemak.

Itulah beberapa faktor penentu zat pembakar, sekarang anda jauh lebih tahu bukan?

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Faktor Penentu Zat Pembakar
Faktor Penentu Zat Pembakar
Artikel "Faktor Penentu Zat Pembakar" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 23rd September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/faktor-penentu-zat-pembakar.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.