Home Penyakit Uncategorized Fase Berolahraga Yang Benar

Fase Berolahraga Yang Benar

Proses Berolahraga-Banyak orang yang mengambil keputusan untuk berolahraga dengan teratur, namun terkadang mereka belum bisa secara runtut melakukan olahraga dengan baik dan benar.

Fase Berolahraga Yang Benar

Berikut akan saya jelaskan mengenai beberapa fase proses berolahraga:

Fase Pemanasan

Banyak orang yang melalaikan pemanasan sebelum berolahraga sehingga menyebabkan otot menjadi sakit. Pemanasan sebelum berolahraga memiliki tujuan yakni; menarik dan memanaskan otot-otot punggung, tangan dan kaki serta menyiapkan denyut jantung hingga tubuh dapat bergerak secara berangsur-angsur untuk mendapat denyut jantung lebih tinggi dalam fase aerobik. Umumnya pemanasan harus terdiri dari latihan ringan 2-3 menit. Tetapi latihan berat seperti menarik badan, push up maupun angkat besi harus dihindarkan karean kegiatan tersebut memerlukan banyak oksigen. Pemanasan yang dianjurkan oleh Cooper yakni membaringkan badan ke lantai, kemudian angkat salah satu dengkul menuju dada, genggam dengkul tersebut sampai 5 hitungan dilanjutkan dengan kaki yang lain. Berikut adalah memiringkan pinggul dengan mendorong badan bagian bawah ke lantai, dengan demikian mengurangi kelekukan normal tahan sampai 5 hitungan. Latihan ini diulangi minimal 3-4 menit dan posisi kepala harus rata dengan lantai.

Fase Aerobik

Fase ini merupakan fase penting dan utama dalam berolahraga dan dalam hal ini anda harus mengambil olahraga yang telah anda pilih dan melakukannya secara teratur sesuai dengan jadwal anda. Satu hal yang diingat ialah, 20 menit berolahraga adalah kegiatan minimum, sedangkan kegiatan yang jauh lebih baik ialah 30 menit, untuk 4x seminggu. Tetapi untuk memperoleh manfaatnya ada batas-batas tertentu dalam berolahraga. Tidak selamanya berolahraga 5x seminggu atau lebih akan mendapat hasil yang baik, bahkan tidak dianjurkan olahraga yang keras 7x seminggu sebab kita harus menghindarkan kemungkinan capek, keletihan, dan cedera pada otot, persendian maupun tulang. Ada baiknya untuk menyelingi dengan olahraga berat dan ringan sehingga tubuh tidak akan terlalu dibebankan.

Fase Pendinginan

Pendinginan yang dimaksutkan disini bukan berarti bahwa anda tidak melakukan gerak sama sekali namun anda memerlukan waktu sedikitnya 5 menit untuk melakukan gerakan ringan dan pelan agar detak jantung menurun secara berangsur-angsur.Hal yang harus diingat adalah kelainan jantung yang berat, yang berbahaya biasanya terjadi setelah berolahraga, bukan pada waktu berolahraga.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Fase Berolahraga Yang Benar
Fase Berolahraga Yang Benar
Artikel "Fase Berolahraga Yang Benar" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 24th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/fase-berolahraga-yang-benar.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.