Home Penyakit Uncategorized Fase – Fase Dalam Hepatitis

Fase – Fase Dalam Hepatitis

Fase dalam Hepatitis – Setiap peradangan akan menimbulkan gejala berat. Berat ringannya gejala yang timbul tergantung dari ganasnya penyebab penyakit (patogenitas) dan daya tahan tubuh penderita. Keluhan dan gejala klinis penyakit virus hepatitis umumnya sama yang berbeda hanyalah perkembangan penyakitnya. Pada hepatitis akut terjadi peradangan (inflamasi) diseluruh hati disertai dengan kematian (nekrosis) sel hati. Adanya inflamasi dan nekrosis sel hati akan memberi gambaran khas secara klinis, biokimiawi, imunologis, dan morfologis penyakit yang menjadi dasar untuk menegakkan diagnosis.

Fase – Fase Dalam Hepatitis

Secara umum penyakit hepatitis mengenal empat stadium yang timbul akibat proses peradangan hati akut oleh virus:

Masa tunas (inkubasi)

Pada fase ini virus pertama kali masuk kedalam tubuh sampai menimbulkan gejala klinis. Masa tunas dari masing-masing penyebab virus hepatitis tidaklah sama. Kerusakan sel-sel hati terutam terjadi pada stadium ini.

Fase prodromal (fase preikterik)

Timbul gejala dan keluhan pada penderita seperti badan merasa lemas, cepat lelah, lesu, tidak nafsu makan, mual muntah, perasaan tidak enak dan nyeri diperut, demam kadang-kadang menggigil, sakit kepala, nyeri pada persendian (arthralgia), pegal-pegal di seluruh badan terutama dipunggung dan bahu (mialgia) dan diare. Kadang penderita seperti akan pilek dan batuk, dengan atau tanpa disertai sakit tenggorokan. Karena keluhan tersebut seperti sakit flu maka keadaan tersebut disebut sindroma flu.

Fase kuning (fase ikterik)

Biasanya setelah suhu menurun warna urine berubah menjadi kuning pekat seperti air teh. Bagian putih bola mata, selaput lendir langit-langit mulut, dan kulit berubah menjadi kekuning-kuningan yang disebut ikterik. Bila terjadi hambatan aliran empedu yang masuk dalam usus halus, maka tinja berwarna pucat seperti dempul, yang disebut faeces acholis. Warna kuning ini timbul bila kadar bilirubin dalam serum melebihi 2 mg. Pada saat ini penderita baru sadar bahwa ia menderita sakit kuning. Selama minggu pertama warna kuningnya akan terus meningkat, selanjutnya menetap. Setelah 7-10 hari warna kuning pada mata dan kulit akan berkurang. Pada saat ini keluhan akan mulai berkurang dan penderita mulai merasa lebih enak. Pada usia lanjut sering terjadi gejala hambatan aliran empedu yang lebih berat sehingga menimbulkan warna kuning yang lebih hebat dan berlangsung lebih lama.

Fase penyembuhan

Ditandai dengan hilangnya keluhan yang ada dan warna kuning mulai menghilang. Penderita merasa lebih segar walaupun masih mudah lelah. Umumnya penyembuhan sempurna secara klinis dan laboratoris memerlukan waktu sekitar 6 bulan setelah timbulnya penyakit.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Fase – Fase Dalam Hepatitis
Fase – Fase Dalam Hepatitis
Artikel "Fase – Fase Dalam Hepatitis" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 24th September 2014 Categories Uncategorized , , permalinks http://www.jamugodog.com/fase-fase-dalam-hepatitis.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.