Home Penyakit Uncategorized Fase Infeksi Hepatitis B

Fase Infeksi Hepatitis B

Fase Infeksi Hepatitis B-Virus hepatitis B sifatnya onkogenik, yaitu dapat menyebabkan timbulnya kanker. Oleh karena itu, pada pengidap hepatitis B yang hanya mempunyai HBsAg (+) walaupun SGOT dan SGPT nilainya normal, HbeAg (-) dan VHB-DNA(-), dahulu siebut pengidap sehat, sekarang dinamakan pengidap HBsAg inaktif masih bisa menjadi kanker hati. Hal ini disebabkan pada saat pemeriksaan VHB-DNA kuantitatif untuk menentukan adanya virus, kemungkinan jumlah virus yang sangat sedikit tidak terdeteksi oleh alat pemeriksa sehingga dianggapVHB-DNA. Itulah sebabnya sekarang tidak digunakan istilah pengidap sehat.

Fase Infeksi Hepatitis B

Perjalanan alami infeksi VHB yang terjadi pada bayi baru lahir (neonatus) dan masa anak-anak terdapat beberapa fase.

Fase immuno tolerance

Fase ini disebut juga fase replikatif kuat. Pada Fase ini, virus berada didalam sel hati dan disana akan berkembang biak (replikasi). Titer virus sangat tinggi ditandai dengan HbeAg (+) dan VHB-DNA di dalam serum nilai transaminase (SGOT, SGPT) normal, tidak ada gejala dan pada biopsi hati kelainan hatinya tidak ada atau minimal walaupun pasien sangat infeksius. Lamanya fase ini sangat bervariasi, dapat berlangsung selama beberapa tahun.

Fase immuno clearance

Disebut juga fase eliminasi, karena pada fase ini daya tahan tubuh sudah mengenali kalau VHB adalah musuh dan berusaha membunuhnya. Jumlah virus dalam darah berfluktuasi, SGPT dan SGOT serum meningkat akibat terjadinya penghancuran sel hati yang terinfeksi VHB oleh sel T-sitotoksik. Pada dase ini muncul gejla klinik, laboratoris dan kelainan histologi yang menandakan adanya penyakit hati yang aktif. Gambaran klinisnya menyerupai hepatitis akut.

Fase inactive carrier

Disebut juga infeksi laten. Disini telah terjadi integrasi VHB DNA dengan pejamu. HBsAg tetap positif, HbeAg menghilang dan terbentuk anti-HBe. Kadar VHB DNA dalam serum rendah atau tidak terdeteksi kadar SGPT dan SGOT dalam batas normal.

Fase reactivation

Pada fase ini VHB DNA dalam serum meninggi lagi dan nilai SGPT kadarnya tidak normal. Pada biopsi hati bisa ditemukan sirosis hati atau kanker hati primer. VHB sendiri tidak bersifat sitopatik (merusak sel hati) yang terbukti dengan adanya pengidap dengan nilai SGOT dan SGPT yang tetap normal. Kerusakan hati yang timbul disebabkan oleh kelainan imunologis yang disebabkan oleh reaksi tubuh untuk membunuh VHB yang ada didalam sel hati.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Fase Infeksi Hepatitis B
Fase Infeksi Hepatitis B
Artikel "Fase Infeksi Hepatitis B" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 24th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/fase-infeksi-hepatitis-b.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.