Home Penyakit Uncategorized Fibrosis Kistik

Fibrosis Kistik

Pengertian Fibrosis Kistik

Ini adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh faktor genetic dimana penderitanya mengalami kondisi berupa kelenjar tertentu dalam tubuh penderita menghasilkan sekret yang tidak normal, jika sudah begitu maka akan timbul beberapa gejala berhubungan yang mempengaruhi saluran pencernaan dan paru-paru.

Penyebab Fibrosis Kistik

Seperti yang sudah disebutkan dalam pengertianya bahwa penyakit ini disebabakn oleh faktor genetik atau keturunan. Dan lebih sering menyerang kelenjar yang melepaskan cairan ke dalam sebuah saluran, dalam bahasa medis kelenjar seperti ini dikenal dengan nama kelenjar endokrin. Dalam keadaan ini maka pelepasan cairan tersebut akan mengalami kelainan dan mempengaruhi fungsi kelenjar.

Gejala Fibrosis Kistik

Jika penderita adalah bayi maka akan merasakan gejala awal seperti penambahan berat badan yang tidak normal pada saat penderita biasanya berusia sekitar 4-6 minggu. Selain itu masih ada gejala lain seperti gangguan pernafasan baru terjadi beberapa waktu setelah dilahirkan, kemudian akan terdapat lendir yang kental dan menyumbat saluran udara kecil, berujung pada peradangan.

Pengobatan Fibrosis Kistik

Secara medis, untuk mengobati penyakit ini penderita akan terlebih dahulu dianjurkan mengkonsumsi makanan yang baik, serta melakukan aktivitas fisik yang disertai dukungan psikis dan sosial. Jika penyakit ini masih tergolong ringan, penderita dapat diberikan sejenis obat ubat yang bertujuan untuk menarik kembali cairan ke dalam usus, namun jika penyakit ini sudah termasuk akut maka langkah pengobatan yang harus dilakukan adalah pembedahan.

 

 

 

 

 

Fibrosis Kistik
Fibrosis Kistik
Artikel "Fibrosis Kistik" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 17th January 2013 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/fibrosis-kistik.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.