Home Penyakit Uncategorized Gangguan Dysmorphic Tubuh

Gangguan Dysmorphic Tubuh

Pengertian Gangguan Dysmorphic Tubuh

Ini adalah gangguan yang lebih dapat diartikan sebagai penyakit sikologis, karena penderita memiliki keyakinan bahwa sedang mengalami cacat karena penampilanya yang tidak normal. Atau dalam artian lain bahwa penderita memiliki kondisi tubuh yang normal namun meyakini bahwa sedang cacat.

Gejala Gangguan Dysmorphic Tubuh

Gejala yang dirasakan penderita pada umumnya timbul secara perlahan atau bahkan tiba-tiba. Dan hal yang dirasa sebagai kondisi cacat pada tubuhnya seperti mengalami penipisan rambut, jerawat, kulit keriput, ada bekas luka, atau warna kulit dan rambut yang tumbuh pada muka berlebihan. Penderita biasanya terlalu berlebihan dalam memusatkan perhatianya pada bagian tubuh seperti hidung, mata, telinga, mulut, payudara, atau pantat.

Diagnosa Gangguan Dysmorphic Tubuh

Diagnosa terhadap penyakit ini lebih kepada tindakan sikologis dengan melihat prilaku yang biasa dilakukan penderita, misalnya banyak penderita yang memeriksa diri sendiri dengan sering di cermin atau justru menghindari cermin. Penderita juga selalu berusaha untuk menutupi cacat yang ada secara imajinasi, misalnya dengan memelihara jenggut untuk menyembunyikan bekas luka yang ada atau bertopi untuk menutupi penipisan rambut yang terjadi.

Cara Mengobati Gangguan Dysmorphic Tubuh

Karena penyakit ini dikatakan sebagai masalah psikologis, maka pengobatanyapun lebih mengedepankan kepada faktor psikologis. Dan jenis obat medis pun dapat diberikan seperti jenis obat

untuk menanggulangi penyakit psikologis yang berhubungan dengan penyakit fisik, seperti obat antidepresi.

Gangguan Dysmorphic Tubuh
Gangguan Dysmorphic Tubuh
Artikel "Gangguan Dysmorphic Tubuh" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 20th January 2013 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/gangguan-dysmorphic-tubuh.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.