Home Penyakit Anemia (Kurang darah) Gejala Anemia (Penyakit Kurang darah)

Gejala Anemia (Penyakit Kurang darah)

Gejala Anemia – Penyakit anemia adalah kadar hemoglobin dalam tubuh seseorang jumlahnya kurang dan dibawah normal. Hemoglobin merupakan sejenis protein yang ada di dalam sel darah merah, dan berfungsi sebagai bahan pembawa oksigen ke seluruh tubuh bersama aliran darah dari dalam paru-paru. Penyakit anemia akan terjadi ketik tubuh seseorang kekurangan jumlah darah merah atau kekurangan hemoglobin, sehingga pasokan oksigen ke seluruh tubuh menjadi kekurangan serta menimbulkan berbagai gejala anemia pada penderitanya.

gejala_anemia_kurang_darah_jamugodog_com

Penyebab Anemia (Penyakit Kurang Darah)

Seseorang bisa mengalami kekurangan darah merah atau hemoglobin yang ada di dalamnya, bisa karena berbagai sebab. Dan berikut ini beberapa penyebab anemia tersebut:

1. Akibat terjadi perdarahan yang hebat, seseorang kehilangan banyak darah, dan kondisi in bisa dikarenakan beberapa sebab misalnya:

* Untuk jenis yang akut atau terjadi secara tiba-tiba tubuh kehilangan banyak darah, bisa karena kecelakaan, pada waktu terjadi pembedahan atau operasi, ketika sedang persalinan atau karena dalam tubuh orang tersebut ada pembuluh darah yang pecah dan menyebabkan perdarahan hebat.

* Pada jenis menahun atau kronis, seseorang kehilangan banyak darah secara bertahap terjdi terus menerus dalam waktu lebih lama dan tidk mendadak. Ini bisa disebabkan karena seseorang sering mengalami mimisan atau perdrahan dari hidung, karena menderita penyakit wasir (ambeien atau hemoroid), karena penyakit ulkus peptikum, karen dlam saluran pencernan terdapat polip atau ad pertumbuhan kanker, d tumor pad kandung kemih atau pad ginjalnya serta pada seroang wanita yang ketik menstruasi banyak mengeluarkan darah.

2. Kekurangan darah yang berujung pada penyakit anemia juga bisa disebabkan karena produksi darah dalam tubuh mengalami hambatan. Ini bisa disebabkan karena seseorang mengalami suatu jenis penyakit kronis atau menahun. Dan juga bisa disebabkan karena dalam tubuh seseorang kekurangan zat utama pembentuk sel darah merah yaitu Zat besi, Vitamin B12, Asam Folat dan Vitamin C. Kekurangan salah satu dari zat utama pembentuk sel darah merah tersebut akan menghambat pembentukan darah dalam tubuh, atau sel darah merh kemudian mengalami kelainan bentuk sehingga tidak bisa berfungsi secara normal.

3. Kekurangan darah merah juga bisa disebabkan karena dalam tubuh seseorang mengalami suatu kelainan tertentu, yang kemudian akan menyebabkan terjadinya penghancuran sel darah merah dalam waktu yang lebih cepat dan dalam jumlah banyak.

Penghancuran tidak normal yang terjadi pada sel darah merah ini bisa disebabkan karena seseorang mengidap suatu kelainan atau menderita penyakit tertentu, misalnya bisa karena:

* Terjadi pembesaran pada limpa.
* Ada kelainan atau penyakit tertentu yang kemudian menyebabkan kerusakan mekanik dan fungsi sel darah merah.
* Terjadi reaksi autoimun pada sel darah merah.
* Pada seseorang yang menderita penyakit bulan sabit.
* Karena seseorang mengalami penyakit hemoglobin C, S-C atau E.
* Karena Thalasemia.
* Bila dalam tubuh seseorang kekurangan G6PD.
* Karena Hemoglobinuria nokturnal paroksismal, Sferositosis herediter, Elliptositosis herediter.

Gejala Anemia (Penyakit Kurang Darah)

Secara umum gejala anemia adalah karena kurangnya kadar oksigen dlam tubuh penderita penyakit anemia. Dan gejala anemia ini bisa bervariasi, tergantung juga pada penyebabnya. Pada umumnya, penyakit anemia akan menyebabkan penderitanya merasa sering mudah kelelahan, badan menjadi lemah serta tenaga menjadi kurang, sering meras pusing, dn seperti melyang bahkan jatuh pingsan. Gejala anemia dalam kondisi yang berat bisa menyebabkan serangan jantung serta penyakit stroke yang berakibat fatal.

Gejala Anemia (Penyakit Kurang darah)
Gejala Anemia (Penyakit Kurang darah)
Artikel "Gejala Anemia (Penyakit Kurang darah)" ditulis oleh admin update terakhir pada 6th April 2013 Categories Anemia (Kurang darah), Gejala Penyakit , , , permalinks http://www.jamugodog.com/gejala-anemia-penyakit-kurang-darah.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.