Home Penyakit Tetanus Gejala dan cara mengobati penyakit tetanus

Gejala dan cara mengobati penyakit tetanus

Pada umumnya, ketika mendengar penyakit tetanus, tentu saja kita akan merasa ngeri. Karena ternyata sampai pada saat ini, telah banyak korban yang berakhir pada kematian dikarenakan penyakit tetanus. Bahkan korban tersebut ternyata telah mencapai 50%. Buruknya lagi adalah, tidak hanya orang tua, kematianpun juga bisa terjadi pada penderita yang masih sangat muda, dan pada penderita yang tidak segera ditangani medis dengan segera.

Gejala penyakit tetanus

Selanjutnya, satu hal terpenting adalah, gejala tetanus ini baisanya akan terlihat setelah 5-10 hari si tetanus menginfeksi tubuh kalian. Bahkan terkadang ada juga penderita yang langsung terlihat gejalanya 2 hari setelahnya atau bahkan 50 hari setelahnya. Berikut adalah beberapa gejala yang ditimbulkan oleh penyakit tetanus, antara lain:

  • Biasanya, penderita akan mengalami kesulitan dalam membuaka rahangnya. Hal ini merupakan salah satu gejala yang paling umum. Karena memang penderita tetanus biasanya mengalami kaku rahang.
  • Gejala selanjutnya adalah, penderita biasanya akan mengalami gangguan menelan, gelisah, demam, sakit kepala, tenggorokan terasa nyeri, menggigil, otot mengalami kejang, kaku duduk dan lengan dan tungkai terasa kaku.
  • Selain itu, otot-otot wajah juga mengalami kejang.
  • Tidak hanya itu saja, otot perut, leher, dan punggung-pun baisanya juga akan mengalami kejang dan kaku. Sehingga, hal tersebut akan membuat tumit dan kepala penderita tertarik ke belakang dan badannnya melengkung ke depan. Kemudian, jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka kejangnya otot perut, biasanya juga akan menyebabkan air kemih tertahan dan sembelit.
  • Yang terakhir adalah, denyut jantung dan laju pernapasan, serta refleks-reflek penderita biasanya akan meningkat.

Pengobatan Tetanus

Untuk itulah jika kalian mengalami infeksi tetanus, maka cara terbaik adalah dengan datang ke rumah sakit. Dengan begitu, penderita akan ceapat mendapatkan perawatan yang maksimal.

 

Gejala dan cara mengobati penyakit tetanus
Gejala dan cara mengobati penyakit tetanus
Artikel "Gejala dan cara mengobati penyakit tetanus" ditulis oleh admin update terakhir pada 20th October 2012 Categories Tetanus permalinks http://www.jamugodog.com/gejala-dan-cara-mengobati-penyakit-tetanus.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.