Home Penyakit Uncategorized Gejala dan Perjalanan Penyakit

Gejala dan Perjalanan Penyakit

Gejala dan Perjalanan Penyakit-Penyakit hepatitis A relatif cepat sembuh sebab tergolong penyakit yang belum pernah membawa orang sampai pada krosnis akibat hepatitis A.

Gejala dan Perjalanan Penyakit

Berikut akan saya jelaskan fase-fase hepatitis A:

Masa tunas (inkubasi)

15-45 hari terjadi peradangan menyeluruh pada hati disertai dengan kematian sel hati dan kerusakan yang terjadi.

Fase prdomoral

Berlangsung 2-7 hari dengan menderita seperti saat akan terkena flu.

Fase ikterik

Selama minggu pertama warna kuning akan terus meningkat, selanjutnya menetap. Setelah 7-10 hari warna kuning pada mata dan kulit akan berkurang. Pada saat ini keluhan akan mulai berkurang dan penderita mulai merasa lebih enak. Pada usia lanjut sering terjadi gejala hambatan aliran empedu yang lebih berat sehingga menimbulkan warna kuning yang lebih hebat dan berlangsung lebih lama.

Fase penyembuhan

Penderita merasa lebih segar walaupun masih mudah lelah. Umumnya penyembuhan sempurna secara klinis dan laboratoris memerlukan waktu sekitar 6 bulan setelah timbulnya penyakit.

Beberapa penderita kadang-kadang mengalami hal-hal berikut:

  1. Setelah penderita sembuh terjadi lagi peningkatan nilai laboratorium, seperti SGOT, SGPT, alkali fosfatase, dan sebagainya.
  2. Terjadi bendungan aliran empedu (kolestasis) sehingga bilirubin serum meninggi kembali yang ditandai dengan ikterus (kuning) berat dan lama. Keadaan ini akan menghilang 2-4 bulan kemudian.
  3. Penyakitnya memberat dan menjadi hepatitis fulminan. Komplikasi ini snagat jarang dan bila terjadi umumnya kematian.

Beberapa diagnosis yang dilakukan oleh para pakar kesehatan:

Anamnesa

Penderita menunjukkan segala dan keluhan penyakit hepatitis A dan riwayat jibtaj dengan penderita hepatitis A.

Pemerikasaan jasmani

Terlihatnya warna kuning ada sklrea, kulit, dan selaput lendir langit-langit mulut. Urin tampak berwarna kuning pekat. Pada kasus yang berat mulut berbau spesifik yang disebut foetor hepatikum. Hati membengkak da teraba dibawah lengkung iga sebalah kanan dengan konsitensi lunak, tepi tajam, dan sedikit nyeri bila ditekan.

Pemerikasaan laboratorium

Ditemukannya virus hepatitis A atau partikelnya dalam tinja sekitar 2 minggu sebelum timbulnya ikterus hingga 1 minggu setelahnya. Pemeriksaan dilakukan dengan mikroskop elektron. Partikel virus juga dapat dideteksi dengan cara imunofluoresensi pada jaringan biopsi hati. Virus yang ditemukan pada tinja ini berasal dari empedu dan sel epitel usus. Antibodi spesifik timbul tidak lama kemudian, sebagian menetapa didalam darah dan menyebabkan kekebalan terhadap infeksi berikutnya.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Gejala dan Perjalanan Penyakit
Gejala dan Perjalanan Penyakit
Artikel "Gejala dan Perjalanan Penyakit" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 24th September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/gejala-dan-perjalanan-penyakit.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.