Home Penyakit AIDS Gejala HIV Penyebab dan Penularan HIV AIDS

Gejala HIV Penyebab dan Penularan HIV AIDS

Gejala HIV AIDS Penyebab dan Penularan HIV AIDS. HIV adalah singkatan dari kepanjangan Human Immunodeficiency Virus yaitu sebuah infeksi yang terjadi karena adanya dua jenis virus yang merusak sel-sel darah putih secara progresif, atau bisa dinamakan imfosit. Dan dapat pula terjadi karena virus yang menyerang kekebalan tubuh atau yang disebabkan penyakit AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome).

Dalam penelitian di Amerika penyakit ini terjadi pada tahun 1980, penelitian menemukan dua jenis penyakit yang terjadi dikalangan homoseksual. kedua penyakit tersebut adalah sarkoma kaposi atau suatu jenis kangker baru dan pneumonia pneumokista (gangguan sistem kekebalan tubuh). Yang pada akhirnya banyak yang menyebtnya dengan penyakit AIDS.

Penyebab HIV AIDS

Penyakit AIDS biasanya akan menyerang seseorang yang mengalammi kegagalan dalam sistem kekebalan tubuh. Penyebaran yang sekarang terjadi biasanya melalui penerimaan transfusi darah, penggunaan obat-obatan terlarang melalui disuntukkan, penderita hemofilia, dan biseksual pada laki-laki.

Pada penelitian yang dilakukan terakhir kali virus ini dibagi menjadi dua jenis yaitu HIV-1 dan HIV-2. Dari kedua virus tersebut yang banyak terjadi adalah HIV-1 yang dominan terjadi didaerah eropa, asia dan afrika.Dan sedangkan HIV-2 kebanyakan menyerng mereka yang tinggal di daerah Afrika Barat.

Gejala HIV AIDS

Gejala HIV awal yang sering terjadi pada penyakit HIV berupa terjadinya mononukleosis infeksiosa setelah beberapa hari atau minggu setelah terjangkitnya virus. Selain itu penderita akan merasakan demam, adanya pembengkakan getah bening, tidak enak badan yang dirasakan lebih dari 5-13 hari, dan lain sebagainya. Pada gejala-gejala diatas penyakit HIV belum bisa terdeteksi hingga bulan- bulan berikutnya, namun gejala-gejala tersebut masih saja berkelanjutan.

Dalam waktu yang relatif lama, sekiranya lebih dari satu tahun virus-virus lain akan mulai bermunculan dan berkembang dalam darah atau cairan-cairan lain dalam tubuh. Hingga pada akhirnya menyebabkan penularan kepada yang lainya. Berdasar dari penelitan yang selalu dikembangkan infeksi HIV memiliki gejala yang khusus yaitu berupa adanya tumor khas dari AIDS.

Gejala-gejala serupa yang sering ditimbulkan:

* Kelenjar getah benig yang membengkak
* Penderita kurus kering
* Demam yang sering datang dan pergi
* Perasaan yang tidak enak
* Cepat lelah dan diare yang tidak sembuh-sembuh
* Infeksi jamur dari mulut.

Penularan HIV AIDS

Penularan yang sering terjadi dikarenakan adanya kontak langsung dengan cairan yang dikeluarkan tubuh sipenderita. Bila cairan tersebut mengandung zat-zat virus kemungkinan besar orang lain dapat terinfeksi. Zat-zat yang banyak mengandung virus biasanya dari darah, cairan dari vagina, cairan serebrospinal, ibu yang menyusui, air mata, air seni, air ludah, dan lain sebagainya yang dikeluarkan tubuh sipenderita.

Cara-cara penularan HIV AIDS

* Hubungan seksual secara langsung dari penderita baik dari lali-laki maupun perempuan.
* Suntikan dan infus yang telah terkontraminasi, seperti pemakaian jarum secara bersama- sama, baik jarum suntik maupun jarum infus itu sendiri.
* Pemindahan virus yang terjadi pada ibu dan anak melalui air susu ( ASI)
* Adanya interaksi langsung dari kulit atau selaput pendir yang sobek bahkan rusak, misalnya hubungan seksual melalui lubang anus.
* Penularan HIV AIDS yang berbahaya karena pasangna seksual yang menderita herpes, sifilis, dan penyakit seksual lainya yang membuat kerusakan pada kulit.
* Penularan yang lain bisa dikarenakan oral seks atau hubungan seks melalui mulut.
* Wanita yang hamil kepada anak dalam kandungan.
* Adanya penganiayaan seksual pada anak dibawah umur.
* Penularan yang terjadi kerena cairan yang dikeluarkan penderita baik itu dari teman kerja, sekolah maupun dari mayarakat sekitar.

Gejala HIV Penyebab dan Penularan HIV AIDS
Gejala HIV Penyebab dan Penularan HIV AIDS
Artikel "Gejala HIV Penyebab dan Penularan HIV AIDS" ditulis oleh admin update terakhir pada 8th April 2013 Categories AIDS, Gejala Penyakit, HIV , , permalinks http://www.jamugodog.com/gejala-hiv-penyebab-dan-penularan-hiv-aids.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.