Home Penyakit Gejala Penyakit Gejala Kanker Otak (Tumor Otak)

Gejala Kanker Otak (Tumor Otak)

Gejala kanker otak biasanya akan mulai muncul ketika terjadi kelainan pada lokasi otak akibat tumor. Berikut gejala kanker otak dan seputar masalah lain pada penyakit tumor pada otak. Tumor otak adalah pertumbuhan yang tidak normal pada jaringan otak, ini bisa berupa benigna atau maligna.

* Tumor Otak Benigna adalah suatu pertumbuhan dari jaringan otak yang tidak normal, dan ini tidak merupakan suatu keganasan.

* Tumor Otak Maligna adalah pertumbuhan tidak normal pada jaringan otak yang bersifat ganas (kanker otak). Jenis ini akan lebih berpotensi untuk bisa kemudian menyebar dan juga akan merusak pada jaringan di sekitarnya, atau bisa juga terjadi penyebaran melalui aliran drah ke lokasi tubuh lainnya.

Tumor yang ganas atau kanker otak, kebanyakan terjadi akibat adanya penyeberan penyakit kanker dari lokasi tubuh lainnya. Misalnya karena seseorang menderita kanker darah (limfoma atau leukemia), kanker pru-paru, kanker pyudara atau kanker pada lokasi lainnya yang ganas dan kemudian menyebar dan menyebabkan kanker otak. Penyebaran bisa hanya terjadi pada satu bagian otak saja, atau pada beberapa lokasi di dalam jaringan otak.

gejala kanker otak

Jaringan Otak

Gejala Kanker Otak

Baik pada jenis tumor otak yang jinak atau pada tipe yang ganas (kanker otak), bila jaringan pada otak mulai mengalami kerusakan atau terjadi peningkatan tekanan, gejala kanker otak akan mulai terjadi.

Bila penyebab tumor otak adalah karena tumor yang menyebar dari lokasi lain dalam tubuh penderita, maka gejala kanker otak ini akan berhubungan dengan tumor asalnya. Misalnya bila karena kanker paru-paru, maka akan muncul gejala seperti batuk berlendir. Dan bila tumor otak disebabkan penyebaran oleh kanker payudara, maka gejalanya adalah muncul benjolan tidak normal pada lokasi payudara.

Gejala kanker otak berat ringannya akan tergantung pada tingkat keganasannya, kecepatan dari pertumbuhan kanker otk dan juga ukurannya. Pada beberapa bagian di jaringan otak, bisa tumbuh tumor dlam ukuran yang cukup besar. Ini terjadi sebelum penderita merasakan gejala apapun. Dan juga bisa terjadi, meskipun pertumbuhan kanker otak hanya berukruan kecil, bisa menyebabkan gejala yang fatal akibatnya.

Pada awalnya, gejala kanker otak kebanyakan adalah berupa sakit kepala. Nyeri yang terjadi pada kepala yang disebabkan karena kanker otak akan seringkali kambuh atau bisa terjadi sakit kepala yang terus menerus dengan nyeri yang hebat. Dan sakit kepala seperti ini terjadi pada seseorang yang sebelumnya belum pernah atau sangat jarang menderita sakit kepala sejenis. Nyeri yang terjadi pada lokasi kepala bisa terjadi waktu malam hari dan terus menerus terjadi sampai penderita terbangun dari tidurnya.

Gejala kanker otak lainnya adalah sering merasa pusing, pandangan mata menjadi ganda, serta tubuh kehilangan keseimbangan serta koordinasi organ gerak tubuh. Gejala kanker otak selanjutnya adalah mual perut serta muntah, penderita bisa mengalami demam yang kadang hilang dan timbul kembali. Denyut nadi penderita dan juga pernafasannya menjadi tidak normal, bisa semakin cepat atau melemah.

Pada beberapa jenis tumor otak, terutama untuk tumor yang jinak, meningioma dan juga yang tumbuhnya terjadi secara pelan-pelan, bisa menyebabkan gejala berupa kejang. Gejala lainnya akibat kanker otak adalah kehilangan rasa pada salah satu sisi tubuhnya, pada lengan dan tungkai. Juga penderita kanker otak akan lebih tidak peka terhadap adanya panas, dingin dan lainnya.

Terjadi ganguan pada indera penciuman, pendengaran dan penglihatan serta penderita akan mudah mengantuk, sering lupa atau linglung dan kemampuan berfikirnya berkurang adalah tanda lain dari gejala kanker otak.

Gejala Kanker Otak (Tumor Otak)
Gejala Kanker Otak (Tumor Otak)
Artikel "Gejala Kanker Otak (Tumor Otak)" ditulis oleh admin update terakhir pada 1st April 2013 Categories Gejala Penyakit, Kanker , , , , , permalinks http://www.jamugodog.com/gejala-kanker-otak-tumor-otak.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.