Home Penyakit Kanker Payudara Gejala Kanker Payudara

Gejala Kanker Payudara

Gejala Kanker Payudara dan informasi seputar penyakit, penyebab dan pengobatan kanker payudara. Ini adalah sejenis penyakit tumor ganas yang tumbuh pada jaringan payudara wanita. Bagian yang sering ditumbuhi kanker biasanya berada di dalam kelenjar susu, saluran susu, jaringan lemak atau jaringan ikat pada payudara.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh para ahli kedokteran banyak sekali jenis-jenis yang digolongkan dalam kanker payadara diantaranya:

1.Karsinoma in siru yaitu kanker yang berada ditempatnya dan belum menyebar atau keluar dari tempat asal.

2.Karsinoma duktal yaitu kanker yang berawal dari sel-sel saluran menuju puting susu. Dan kengker jenis ini yang sering melanda para ibu. Bila diraba, bentuknya seperti bintik-bintik kecil karena bekas kalsium yang mengendap.

3. Karsinoma lobuler adalah jenis kanker yang tumbuh dalam kelenjar susu, dan iasanya akan terjadi setelah menopause. Jenis kanker ini dapat dilihat dalam mammografi, tidak dapat diraba.

4. kanker invasif adalah sejenis kanker yang merusak dan menyebar dalam jaringan payudara hingga ke seluruh tubuh.

5. kanker medular dan tubuler adalah sejenis kanker yang berasal dari kelenjar susu.

Penyebab Kanker Payudara

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kanker payudara:

1. Usia. Usia sangatlah mempengaruhi terjadinya kanker payudara. Usia yang biasanya terserang kanker payudara antara umur 60 atau 75 tahun keatas
2. Pernah menderita kanker in situ atau kanker invasif pada payudara, sehingga biasanya akan terjadi kambuhan.

3. Terjadinya kengker kembali pada payudara yang sehat, walaupun kanker payudara yang terjadi sudah diangkat.

4. Adanya keturunan dari kanker payudara, sehingga sering berimbas ke yang lain, biasanya dari ibu, saudara perempuan atau anak dan lain sebagainya.

5. Terjadinya kanker karena faktor genetik atau hormonal.

6. Pernah menderita penyakit peyudara non kanker. Hal ini dapat terjadi karena bertambahnya saluran susu dapat memicu tumbuhnya kanker payudara.

7. Pemakainan pil KB yang berlebihan atau terlalu lama, menjadi faktor lain yang dapat membentuk kanker payudara.

8. Pemakaian obat-obatan terlarang dan minum-minuman keras.

9. Pernah terjadi adanya kanker pada rahim, ovarium, hingga usus besar dapat menimbulkan resiko terkenanya kanker payudara.

Gejala Kanker Payudara

1. Awal mula terjadinya kanker payudara berawal dari adanya benjolan yang berbeda dari jaringan dan sekitar payudara. Namun bila diraba ridak menimbulkan rasa nyeri dan bagian dari benjolan tersebut biasanya tidak rata.

2. Pada stadium mula benjolan dapat digerakan dengan mudah menggunakan tangan. Sedangkan pada stadium lanjut, benjolan tidak dapat digerakan dan terasa menempel pada kulit atau dinding dada.

3. Gejala berikutnya benjolan membentuk pada kulit dan membengkat, hingga kulit luat tampak mengkerut seperti jeruk purut (tidak Rata).

4. gejala yang lainya seperti perubahan ukutan atau bentuk payudara, keluar cairan abnormal pada puting susu, payudara tampak berwarna kemerahan, kulit sekitar punting bersisik, puting susu terasa gatal, perbedaan ukuran payudara, hingga nyeri pada bagian payudara.

5. Gejala yang sering mengikuti biasanya, rasa nyeri pada tulang, berat badan menurun, dan pembengkakan lengan.

Pengobatan Kanker Payudara

Ada beberaa cara yang dapat dilakukan untuk pengobatan kanker payudara, diantaranya dengan pembedahan, terapi penyinaran, kemoterapi, obat penghambat hormon, dan obat-obat jenis herbal lainya.

– Terapi penyinaran yaitu melakukan terapi untuk membunuh sel-sel kanker pada daerah yang terkena kanker.

– Kemoterapi adalah kombinasi obat-obatan pembunuh sel dengan obat penghambat hormon. Kedua jenis obat ini digunakan untuk mengurangi dan membunuh sel kanker yang tumbuh dalam tubuh.

Gejala Kanker Payudara
Gejala Kanker Payudara
Artikel "Gejala Kanker Payudara" ditulis oleh admin update terakhir pada 26th April 2013 Categories Kanker Payudara , , , , , permalinks http://www.jamugodog.com/gejala-kanker-payudara.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.