Home Penyakit Gejala Penyakit Gejala Kanker Serviks (Kanker Leher Rahim)

Gejala Kanker Serviks (Kanker Leher Rahim)

Apa gejala kanker serviks atau kanker leher rahim yang perlu kita ketahui? Dari beberapa tanda, gejala kanker serviks pada tahap awal bisa diketahui dengan melalui sebuah pemeriksaan yaitu pemeriksaan Pap Smear. Kanker serviks adalah pertumbuhan yang tidak normal terjadi pada lokasi pada leher rahim atau serviks. Lokasi ini berada pada bagian paling rendah di lokasi rahim yang menempal pada bagian puncak dari vagina. Dan kanker merupakan tumor yang sifatnya ganas serta merusak jaringan tubuh pada lokasi yang terkena.

Kanker serviks (kanker leher rahim) ini lebih sering terjadi pada seorang wanita yang sudah berumur antara 35 sampai 55 tahun. Sebagian besar, yaitu sebanyak 90 persen kanker serviks berasal dari lapisan serviks yaitu sel skuamosa. Sedang sisanya sebanyak 10 persen, kanker serviks berasal dari sel kelenjar yang menghasilkan lendir di bagian saluran servikal yang masuk ke dalam lokasi rahim.

Gejala Kanker Serviks

Kanker Serviks

Apa penyebab kanker serviks itu?

Terjadinya kanker serviks adalah ketika terdapat sel-sel dalam lokasi serviks yang kemudian menjadi tidak normal dan semakin berkembang serta membelah diri dengan tidak terkendali. Kemudian, bila perkembangan sel tersebut terjadi terus menerus, maka akan membentuk massa jaringan, ini yang kemudian dinamakan dengan tumor. Tumor ini bisa bersifat jinak atau menjadi ganas (kanker) dan ini disebut dengan kanker serviks.

Bagaimana kemudian bisa terjadi kelainan pada sel serviks, ini secara pasti belum bisa diketahui. Tetapi dari beberapa kondisi, ada faktor tertentu yang lebih beresiko seseorang bisa menderita penyakit kanker serviks ini. Dan berikut ini beberapa faktor resiko kanker serviks.

* Virus HPV (human papillomavirus), khususnya pada beberapa varian yang paling berbahaya adalah HPV pad tipe 16, 18, 45 dan 56. Virus ini menyebabkan kutil genitalis atau kondiloma akuminata, dengan cara penularan kepada orang lain melalui hubungan seksual.

* Karena kebiasaan merokok, efek dari tembakau yang bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh seseorang yang kemudian akan berakibat pada berkurangnya kemampuan tubuh untuk melawan infeksi HPV yang terjadi pada lokasi serviks.

* Bila seseorang pernah melakukan hubungan seksual pertamanya pada waktu berusia masih terlalu dini atau dibawah usia 18 tahun. Atau pada seorang wanita yang sering berhubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan.

* Efek dari pemakaian obat untuk mencegah keguguran kandungan, yaitu DES (dietilstilbestrol).

Faktor resiko lainnya bisa karena sistem kekebalan tubuh yang terganggu, efek dari pemakaian pil kontrasepsi, terjadi infeksi herpes genitalis atau karena infeksi klamidia kronik. Dan kanker serviks ini juga seringkali terjadi pada seorang wanita dari golongan ekonomi menengah ke bawah, karena tidak bisa melakukan pemeriksaan secara rutin dengan pap smear karena faktor biaya.

Gejala Kanker Serviks

Pada awalnya, ketika sedang dalam masa prekanker, biasanya penderita kanker serviks belum merasakan ada tanda-tanda tertentu. Dan untuk mengetahuinya harus melalui pemeriksaan pada panggul dan juga dengan pemeriksaan pap smear.

Gejala kanker serviks kemudian akan mulai muncul, ketika tumor yang tumbuh pada lokasi serviks menjadi ganas serta mulai menyusup serta merusak jaringan yang ada pada serviks. Dan beberapa gejala kanker serviks sebagai berikut:

* Terjadi perdarahan yang tidak normal dari dalam vagina. Perdarahan ini bisa terjadi setelah berhubungan seksual, setelah menopause atau terjadi perdarahan diantara 2 waktu menstruasi.

* Penderita kanker serviks juga akan mengalami kelainan pada menstruasinya, bisa menjadi lebih lama atau menstruasi hanya berlangsung lebih cepat akibat adanya kanker serviks.

* Wanita yang mengidap kanker serviks juga akan mengalami keputihan yang sifatnya menetap dengan cairan yang keluar juga tidak normal, baik dari warna, bau atau tingkat kekentalannya.

Gejala Kanker Serviks Stadium Lanjut

Pada stadium lanjut, gejala kanker serviks bisa berupa:

* Menurunnya nafsu makan yang akan dengan segera diikuti dengan penurunan berat badan.

* Penderita juga akan sering merasakan tubuhnya kelelahan yang tidak wajar.

* Pada lokasi punggung, tungkai serta panggul akan terasa nyeri.

* Dari dalam vagina kemudian bisa keluar kotoran atau air kemih.

* Penderita juga bisa mengalami fraktur (patah tulang).

Itulah beberapa gejala kanker serviks yang perlu kita ketahui.

Gejala Kanker Serviks (Kanker Leher Rahim)
Gejala Kanker Serviks (Kanker Leher Rahim)
Artikel "Gejala Kanker Serviks (Kanker Leher Rahim)" ditulis oleh admin update terakhir pada 1st April 2013 Categories Gejala Penyakit, Kanker , , , permalinks http://www.jamugodog.com/gejala-kanker-serviks-kanker-leher-rahim.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.