Home Penyakit Gejala Penyakit Gejala Meningitis Kronis (Infeksi Otak)

Gejala Meningitis Kronis (Infeksi Otak)

Gejala meningitis seperti kebanyakan pada jenis gangguan yang terjadi pada lokasi kepala lainnya. Gejala meningitis secara umum adalah munculnya sakit kepala. Meningitis kronis adalah infeksi yang terjadi pada bagian selaput otak (meningen), menyebabkan terjadinya peradangan pada lokasi tersebut dan berlangsung dalam waktu relatif lama, satu bulan atau lebih.

Penyakit Meningitis kronis ini kebanyakan lebih sering terjadi pada orang-orang tertentu yang dalam sistem kekebalan tubuhnya mengalami gangguan. Misalnya karena penyakit AIDS, penyakit kanker atau jenis penyakit berat lainnya dan juga penggunaan obat tertentu dalam waktu yang lama, misalnya jenis obat anti kanker dan prednison.

Gejala Meningitis Kronis

Bagian Otak – Meningitis

Penyebab Meningitis Kronis (Infeksi Otak)

Pada beberapa jenis organisme yang bisa menyebabkan terjadinya infeksi bisa tumbuh dalam otak dan menyebabkan masalah pada lokasi tersebut. Infeksi yang terjadi pada otak secara bertahap kemudian bisa menyebabkan berbagai gejala dan juga mengakibatkan kerusakan pada lokasi yang terkena.

Penyebab meningitis kronis paling sering terjadi karena adanya infeksi oleh jamur Cryptococcus, bisa juga karena virus penyebab penyakit AIDS dan virus sitomegalo. Untuk jenis bakteri yang menyebabkan jenis penyakit tertentu (misalnya TBC/tuberkulosis, penyakit Lyme dan penyakit sifilis) juga kemudian bisa menyebabkan terjadinya meningitis.

Beberapa jenis penyakit lainnya, yang sifatnya non infeksius, seperti misalnya sarkoidosis serta beberapa jenis kanker juga menyebabkan terjadinya infeksi pada lokasi mengingen yang akan berakibat pada munculnya penyakit meningitis kronis pada penderitanya. Penyebab meningitis non infeksius ini kebanyakan terjadi pada penderita penyakit leukemia dan limfoma, yang kemudian kanker menyebar masuk ke dalam meningen dan menyebabkan terjadinya infeksi.

Pemakaian jenis obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan terjadi infeksi pada meningen yang akan berujung pada meningitis kronis. Misalnya pada jenis obat yang dipakai untuk mengatasi penyakit kanker, obat anti peradangan non steroid (ibuprofen) dan juga bisa karena jenis obat yang dipakai ketika terjadi pencagkokan organ tubuh.

Beberapa penyebab meningitis kronis lainnya adalah:

1. Penyebab karena infeksius

* Karena penyakit akibat infeksi virus, misalnya karena penyakit herpes, cacar air, polio, gondongan, AIDS dan penyakit lainnya yang disebabkan karena infeksi virus.

* Terjadi setelah penyakit karena infeksi virus mereda, dan kemudian terjadi meningitis. misalnya karena penyakit campak, cacar air atau campak jerman (campak 3 hari).

* Karena terjadi infeksi bakteri, misalnya ketika seseorang menderita jenis penyakit TBC (tuberkulosis), penyakit cakar kucing, penyakit sifilis dan penyakit lainnya akibat infeksi bakteri.

2. Penyebab yang bukan karena infeksi

* Karena seseorang penderita penyakit pada lokasi otak, misalnya karena kanker otak atau tumor otak, leukemia, sarkoidosis, dan lainnya.

* Akibat terjadi keracunan, biasanya karena keracunan timah hitam.

* Efek dari pemakaian obat yang disuntikkan ke dalam lokasi kolumna spinalis, misalnya ketika kemoterapi dengan obat anti kanker, pemakaian antibiotik, dan lainnya serta karena efek dari jenis obat-obata tertentu.

Gejala Meningitis Kronis (Infeksi Otak)

Perkembangan jenis penyakit meningitis kronis terjdi secara bertahap dan lebih lambat bila dibandingkan dengan jenis meningtis bakterialis. Perkembangan pada jenis meningitis kronis biasanya berlangsung selama beberapa minggu.

Gejala meningitis kronis ini juga disertai dengan adanya demam, tetapi tidak terlalu berat seperti pada gejala meningitis bakterialis. Gejala lainnya yang umum adalah sakit kepala, penderita juga akan mengalami linglung (sering lupa),terasa nyeri pada punggung dan bisa terjadi kelainan saraf.

Kelainan pada saraf ini bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah, sering kesemutan pada beberapa lokasi, kehilangan sebagian atau seluruh rasa pada lokasi tertentu serta kelumpuhan wajah akibat meningtis kronis.

Gejala Meningitis Kronis (Infeksi Otak)
Gejala Meningitis Kronis (Infeksi Otak)
Artikel "Gejala Meningitis Kronis (Infeksi Otak)" ditulis oleh admin update terakhir pada 2nd April 2013 Categories Gejala Penyakit, Meningitis (Radang selaput otak) , , , permalinks http://www.jamugodog.com/gejala-meningitis-kronis-infeksi-otak.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.