Home Penyakit Pegal Linu Gejala, penyebab dan tips mencegah masuk angin

Gejala, penyebab dan tips mencegah masuk angin

Sering buang gas karena perut kembung, biasa kita sebut gejala masuk angin. Namun hal tersebut tidak semena-mena gejala masuk angin. Bisa jadi keluhan perut kembung itu terjadi karena buang air besar (BAB) tidak lancar, makan tidak teratur, atau malah terlalu banyak makan, termasuk makan tidak seimbang.

Penyebab masuk angin ialah disebabkan oleh virus, bakteri, maupun kuman. Umumnya, penyakit itu menyerang organ pencernaan. Ini memiliki gejala mual, muntah, , nyeri otot, nyeri ulu hati, batuk, pusing, sakit tenggorok & diare.

 

Asal terjadinya masuk angin saat temperatur, terutama di bagian belakang tubuh, menurun 1-1,5 derajat Celcius. tubuh mereaksi fungsional, yaitu terjadi penyempitan pembuluh darah kulit. Reaksi ini merupakan efek rangsangan pada saraf otonom (saraf yang tidak diatur otak) di bagian belakang tubuh. Ada dua saraf pada bagian tersebut, sipatis dan parasimpatis. Saraf parasimpatis berfungsi mengatur fungsi organ dalam. Termasuk, jantung, paru, lambung, dan usus.

 

Daya tahan organ tubuh akan menurun bila dingin. Ada tiga organ tubuh yang terpengaruh bila seseorang kedinginan. Awalnya usus melemah yang menyebabkan lambung kembung, selanjutnya saluran napas mengeluarkan sekresi berlebihan sehingga terjadi pilek dan batuk. Sehingga akan merasakan pegal linu, napas sesak, dan perut kembung.

 

Mengenai keluhan otot pegal-pegal atau mengeras, tidak ada angin yang terperangkap. Rasa pegal tersebut muncul karena timbunan asam laktat di otot tangan dan kaki. Seharusnya asam laktat masuk ke pembuluh darah. Lalu, mengalami proses metabolisme di hati dan ginjal. Masyarakat beranggapan, gejala terperangkapnya angin di dalam rongga pencernaanlah yang kemudian mempengaruhi perasaan pasien, dan akhirnya membuat badan terasa pegal dan tidak enak.

Cara mencegah masuk angin yakni dengan tidak jajan makanan sembarangan

Berikut tips mencegah masuk angin:

  1. pola hidup sehat
  2. Istirahat yang cukup dan tidak bekerja terlalu keras,
  3. Hidup dengan bahagia dan menghindari stres,
  4. makan teratur

Pengobatannya bergantung pada gejala yang timbul (pengobatan simptomatik). Bila infeksi tenggorokan karena bakteri atau kuman, bisa diberi antibiotik serta tidak lupa menerapkan hidup sehat seperti yang dipaparkan diatas.

Gejala, penyebab dan tips mencegah masuk angin
Gejala, penyebab dan tips mencegah masuk angin
Artikel "Gejala, penyebab dan tips mencegah masuk angin" ditulis oleh admin update terakhir pada 2nd March 2013 Categories Pegal Linu permalinks http://www.jamugodog.com/gejala-penyebab-dan-tips-mencegah-masuk-angin.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.