Home Penyakit Uncategorized Gingivitis (radang gusi)

Gingivitis (radang gusi)

Pengertian Gingivitis (radang gusi)

Ini adalah penyakit yang terjadi dalam mulut penderita, dimana terjadi peradangan pada gusi penderita. Adapun penyakit ini sering terjadi setelah penderita mengalami pertumbuhan gigi.

Penyebab Gingivitis (radang gusi)

Diketahui yang menjadi penyebab terjadinya penyakit ini adalah karena penggosokan atau penderita membersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi yang tidak benar, hal itu kemudian membuat plak tetap ada di sepanjang garis gusi. Pengertian dari plak adalah suatu lapisan yang terdiri dari bakteri dan sering menempel pada tambalan yang salah atau di sekitar gigi yang terletak bersebelahan dengan gigi palsu yang jarang dibersihkan.

Gejala Gingivitis (radang gusi)

Penderita penyakit ini akan merasakan gejala seperti gusi yang tampak memereah, membengkak dan mudah digerakkan. Selain itu penderita juga sering mengalami gusi berdarah ketika menggosok gigi atau makan. Jika terus dibiarkan maka penyakit ini akan semakin berat seperti saat bangun pagi bantal akan dipenuhi oleh bercak darah, terutama jika pada saat tidur penderita bernafas melalui mulutnya.

Diagnosa Gingivitis (radang gusi)

Sama halnya dengan penyakit lain, untuk mendiagnosa penyakit ini harus berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik atau body check up.

Pengobatan Gingivitis (radang gusi)

Jika penyakit ini sudah semakin parah dimana terjadi pertumbuhan gusi yang berlebihan, maka harus segera diangkat melalui pembedahan. Dan jika penderita juga mengalami kekurangan vitamin C atau niasin, maka harus segera diberikan asupan tambahan vitamin pada penderita.

Gingivitis (radang gusi)
Gingivitis (radang gusi)
Artikel "Gingivitis (radang gusi)" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 17th January 2013 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/gingivitis-radang-gusi.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.