Home Penyakit Uncategorized Jenis – Jenis Vaksin Hepatitis B

Jenis – Jenis Vaksin Hepatitis B

Jenis – Jenis Vaksin Hepatitis B – Setiap orang mempunyai kemampuan berbeda-beda untuk membentuk zat anti (anti-HBs) terhadap vaksin hepatitis B yang disuntikkan. Ada yang tergolong responsif, hipo responsif, dan non responsif. Golongan non-responsif yaitu orang-orang yang tidak dapat membentuk anti HBs setelah pemberian vaksin. Golongan ini diperkirakan sebesar 2-5%. Dari jumlah tersebut, 40% diantaranya dapat diunduksi dengan vaksinasi ulangan, walaupun daya perlindungannya tidak tahan lama. Golongan hipo responsif adalah orang yang mempunyai kadar anti-HBs <10 mIU / ml setelah diberi vaksinasi. Pada golongan ini, vaksinasi ulangan akan memberi respon baik.

Jenis – Jenis Vaksin Hepatitis B

Berikut adalah jenis vaksin Hepatitis B:

Engerix B

Imunisasi ini dilakukan 3x, dengan selang waktu 1 bulan. Penyuntikan ketiga bisa dilakukan sampai 6 bulan kemudian setelah suntikan pertama. Pada pasien hemodialisis dan pasien immunocompromised, dosis ditingkatkan menjadi 40 mcg.

H-B-Vax II

H-B-Vax II adalah vaksin hepatitis B rekombinan. Dosis yang diberikan yakni anak usia <10 tahun dosis 2,5 mcg, usia 11-19 tahun menggunakan dosis 5 mcg, dan dewasa memakai dosis 10 mcg. Namun pada bayi baru lahir dari ibu dengan HBsAg (+) diberikan dosis 5 mcg disertai suntikan HBIg pada paha yang lain. Vaksinasi dilakukan sebanyak 3x, dengan selang waktu 1 bulan penyuntikan ketiga bisa dilakukan sampai 6 bulan kemudian setelah suntikan pertama. Pada pasien hemodialisis dan pasien immunocompromised, dosis ditingkatkan menjadi 40 mcg.

Vaksin hepatitis B

Anak usia < 10 tahun memakai dosis 5 mcg, dan dewasa memakai dosis 10 mcg. Jumlah dan selang waktu vaksinasi sama dengan yang diatas. Vaksinasi hepatitis B aman diberikan bersama-sama dengan imunisasi lainnya seperti DPT, BCG, dan polio, serta tidak mempengaruhi respon pembentukan antibodi dari vaksin tersebut.

Catatan:

Efek samping dapat berupa rasa sakit pada bekas suntikan dan reaksi peradangan dan reaksi sistemik ini kadang timbul berupa panas ringan, lesu dan tidak enak pada saluran cerna”. Gejala diatas akan hilang spontan dalam beberapa hari.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Jenis – Jenis Vaksin Hepatitis B
Jenis – Jenis Vaksin Hepatitis B
Artikel "Jenis – Jenis Vaksin Hepatitis B" ditulis oleh beritakita35 update terakhir pada 22nd September 2014 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.com/jenis-jenis-vaksin-hepatitis-b.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.