Home Penyakit Kanker Kanker Anus

Kanker Anus

Pengertian Kanker Anus

Ini adalah salah satu penyakit kanker yang terjadi pada anus penderita, atau timbul pada sel kulit di seputar dubur dan garis di sepanjang daerah peralihan antara dubur dan rektum.

Penyebab Kanker Anus

Diketahui bahwa penyebab utama penyakit ini adalah karena virus yang ditularkan pada saat penderita melakukan hubungan seksual.

Gejala Kanker Anus

Beberapa gejala yang dirasakan penderita seperti buang air besar yang sudah bercampur dengan darah dan rasa sakit, terkadang juga disertai gatal pada daerah seputar dubur penderita.

Diagnosa Kanker Anus

Khusus untuk penyakit ini, proses mendiagnosa yang dilakukan kepada penderita adalah dengan memeriksa kulit penderita yang ada di seputar dubur untuk memeriksa juga apa ada kelainan lain. Pemeriksaan ini dilakukan oleh ahli medis, menggunakan tangan yang bersarung untuk kemudian memeriksa dubur dan rectum bawah penderita, dalam pemeriksaan ini juga akan dilakukan pemeriksaan terhadap lapisan yang mana pun yang dirasa berbeda dari area sekelilingnya.

Tahap pemeriksaan yang terakhir adalah dengan mengambil sampel kertas tisu dari area yang tidak normal dalam tubuh penderita dan memeriksanya di bawah mikroskop.

Cara Mengobati Kanker Anus

Cara pengobatan yang biasa dilakukan terhadap penderita adalah dengan terapi radiasi yang dapat juga dikombinasikan dengan metode kemoterapi apabila penyakit ini sudah termasuk parah dan akan dilanjutkan kepada metode pembedahan.  Adapun yang harus diiperhatikan dalam proses pembedahan adalah kehati-hatian supaya tidak sampai mengganggu fungsi otot lingkar yang berfungsi untuk menjaga dubur supaya tetap ditutup terkecuali penderita sedang buang air besar.

Kanker Anus
Kanker Anus
Artikel "Kanker Anus" ditulis oleh maldalias update terakhir pada 20th January 2013 Categories Kanker permalinks http://www.jamugodog.com/kanker-anus.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.