Home Penyakit Kanker Kanker dan OBATNYA

Kanker dan OBATNYA

Berbicara tentang pengertian kanker, mungkin masih ada yang belum tahu benar apa itu kanker. Kanker diartikan sebagai suatu penyakit yang ditimbulkan oleh sel tunggal yang tumbuh tidak normal dan tidak terkendali sehingga dapat menjadi tumor ganas yang dapat menghancurkan dan merusak sel atau jaringan sehat. Lalu apa pengertian tumor dan hubungan dengan kanker?

Pada umumnya, sel kanker membentuk sebuah tumor, kecuali pada leukemia. Tumor dapat diartikan sebagai pembengkakan yang disebabkan oleh sel kanker. Tumor menunjuk massa jaringan yang tidak normal, tetapi dapat berupa “ganas” (bersifat kanker) atau “jinak” (tidak bersifat kanker). Hanya tumor ganas yang mampu menyerang jaringan lainnya ataupun bermetastasis sehingga menyebabkan kanker yang mengganas. Kanker sendiri dapat menyebar melalui kelenjar getah bening maupun pembuluh darah ke organ lain. Ketika sudah tahu adanya tumor dan gejalanya, kita perlu segera menghentikan perkembangannya agar tidak menjadi kanker ganas.

Biasanya, kanker dirujuk berdasarkan jenis organ atau sel tempat tumbuhnya. Misalnya, kanker yang bermula pada usus besar dinamai kanker usus besar, sedangkan kanker yang terjadi pada rahim disebut kanker rahim.

Keberadaan kanker biasanya ditemukan atau dikenali karena tanda atau gejala tampak atau melalui screening. Namun, beberapa kanker juga ditemukan secara tidak sengaja pada saat evaluasi medis dari masalah yang tak berhubungan. Tentunya akan lebih baik jika keberadaan kanker dideteksi dan dihentikan sejak dini dengan pengobatan yang sesuai.

Kanker dan OBATNYA
Kanker dan OBATNYA
Artikel "Kanker dan OBATNYA" ditulis oleh ukaya update terakhir pada 11th July 2011 Categories Kanker permalinks http://www.jamugodog.com/kanker-dan-obatnya.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.