Kanker DARAH dan PENGOBATANNYA

Kanker darah dikenal juga sebagai Leukemia. Kanker ini menyerang darah atau sumsum tulang yang ditandai perbanyakan secara tak normal pada leukosit (sel darah merah). Kanker darah mempengaruhi imunitas tubuh penderita menjadi lebih lemah.
Penyebab kanker darah belum diketahui secara pasti, namun diketahui beberapa faktor yang dapat memengaruhi frekuensi leukemia, seperti radiasi, faktor leukemogenik, virus, dan makanan.
Hubungan radiasi dengan kanker darah dibuktikan dengan kasus para pegawai radiologi lebih sering menderita leukemia, begitu juga pada penderita dengan radioterapi, dan korban hidup bom Hiroshima dan Nagasaki, Jepang yang terpapar radiasi parah.
Untuk faktor leukemogenetik, beberapa zat kimia yang telah diidentifikasi dapat memengaruhi frekuensi leukemia, yaitu racun lingkungan seperti benzena, bahan kimia industri seperti insektisida, dan obat untuk kemoterapi.
Virus yang dapat menyebabkan leukemia adalah retrovirus, virus leukemia feline, HTLV-1 pada dewasa. Selain itu, anda juga perlu berhati-hati mengkonsumsi makanan dan minuman menggunakan zat pewarna. Ikan asin, ikan teri, oncom dan tempoyak juga merupakan makanan yang disinyalir bisa menjadi penyebab kanker darah.

Kanker darah tidak menular dan bukan merupakan penyakit keturunan, tetapi kanker darah itu bersifat familiar. Perkembangan leukemia atau kanker darah sendiri sekarang ini belum dapat dideteksi secara dini. Begitu juga cara penyembuhannya masih terbilang sulit. Karena itu, lebih baik kita menghindari segala faktor yang mungkin bisa menjadi penyebabnya.

Leave a Reply