Home Penyakit Diabetes Kanker, Gejala Dan Pengobatannya

Kanker, Gejala Dan Pengobatannya

Kanker adalah salah satu penyakit yang banyak ditakuti orang karena keganasannya. Gejala penyakit neoplasma ganas ini ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel tubuh berkurang. Banyak yang menyamakan kanker dengan tumor. Sebenarnya apa itu kanker dan apa itu tumor sendiri?

Pada umumnya, sel kanker membentuk sebuah tumor, kecuali pada leukemia. Tumor dapat diartikan sebagai pembengkakan yang disebabkan oleh sel kanker. Tumor menunjuk massa jaringan yang tidak normal, tetapi dapat berupa “ganas” (bersifat kanker) atau “jinak” (tidak bersifat kanker). Hanya tumor ganas yang mampu menyerang jaringan lainnya ataupun bermetastasis sehingga menyebabkan kanker yang mengganas. Kanker sendiri dapat menyebar melalui kelenjar getah bening maupun pembuluh darah ke organ lain. Inilah yang perlu diwaspadai dan dihentikan sejak gejala dini.

Jika kita melihat secara umum, gejala kanker bisa dibagi menjadi lima kelompok, yaitu:
a. Gejala lokal : pembesaran atau pembengkakan yang tidak biasa seperti tumor, pendarahan, rasa sakit, dan lain-lain.
b. Gejala sistemik : berat badan turun, nafsu makan berkurang secara signifikan, serta kelelahan dan keringat yang berlebihan.
c. Gejala pembesaran kelenjar getah bening (lymph node), batuk, hemoptisis, hepatomegali (pembesaran hati), rasa sakit pada tulang, dan gejala-gejala neurologis.
d. Gejala angiogenesis yang merupakan interaksi antara sel tumor, sel stromal, sel endotelial, fibroblas dan matriks ekstraselular.
e. Gejala migrasi sel tumor.

Gejala a dan b adalah gejala yang paling mudah dilihat dan dirasakan, sedangkan gejala c, d, dan e setidaknya membutuhkan pemeriksaan lanjutan.

Kebanyakan kanker dapat dirawat dan banyak pula yang bisa disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal. Namun, jelas lebih baik mencegah daripada mengobati. Rokok, diet dan obesitas, infeksi, radiasi, stress, kurangnya aktivitas fisik, polutan lingkungan adalah penyebab-penyebab kanker yang harus kita hindari. Mulailah hidup sehat dari sekarang!

Kanker, Gejala Dan Pengobatannya
Kanker, Gejala Dan Pengobatannya
Artikel "Kanker, Gejala Dan Pengobatannya" ditulis oleh ukaya update terakhir pada 4th July 2011 Categories Diabetes permalinks http://www.jamugodog.com/kanker-gejala-dan-pengobatannya.html di

Baca Juga:

RSSComments (0)

Trackback URL

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.